Sikap Badan Pemain Pemukul Saat Menunggu Lemparan Bola dari Pitcher


Sikap badan batter softball [essportscouncil.org]
Sikap Badan Pemain Pemukul Saat Menunggu Lemparan Bola dari Pitcher ~ Seperti yang telah kita ketahui bahwa permainan Softball dimainkan oleh dua tim dimana masing-masing tim yang bertanding diperkuat oleh sembilan orang. Nah dalam pertandingan tersebut satu tim berperan sebagai tim penjaga dan tim lainnya berperan sebagai tim penyerang.


Setiap pemain dari tim penyerang dalam permainan Softball akan berusaha untuk mendapatkan poin atau skor sebanyak-banyaknya sampai mereka berpindah peran sebagai tim bertahan. Cara untuk mendapatkan skor atau poin tersebut ialah setiap pemain memukul bola sampai bola tersebut sulit ditankap oleh pemain dari tim penjaga.

Sehingga membuat kesempatan untuk pemain dari tim penyerang tadi berlari ke base1 sampai base 3 dan kembali ke base awal untuk mendapatkan poin. Untuk bisa memukul dengan baik bola yang dilemparkan oleh pitcher, seorang batter (istilah untuk pemain pemuku) perlu untuk memperhatikan beberapa hal.


Beberapa hal tersebut ialah cara memegang tongkat pemukul, dan bagaimana sikap badan saat menunggu pitcher melemparkan bola. Adapun cara memegang tongkat pemukul oleh seorang batter yaitu.
  1. Peganglah stick dengan kedua tangan sampai batas tempat bagian pegangan. Upayakan jari-jari tangan rapat melingkari batas pemukul, hal tersebut bertujuan mendapatkan kekuatan penuh dalam melakukan pemukulan.
  2. Pegangan harus kuat dan benar sehingga pada saat mengayun, stick itu tidak terlepas.


Lalu, bagaimana sikap batter saat menunggu lemparan bola dari pitcher? Apakah batter bersikap santai? ataukah batter lirik sana dan lirik sini? Ternyata batter harus berkonsentrasi saat menunggu bola dilemparkan dan memposisikan dirinya sebagai berikut.
  1. Posisi menunggu dari lemparan Pitcher.
  2. Kedua kaki dibuka selebar bahu pada lututnya sedikit ditekuk.
  3. Pandangan dipusatkan pada bola datang yang meluncur.
  4. Posisi badan agak condong ke depan sambil menjaga keseimbangan.
  5. Pegangan agak ke belakang, siku bengkok, sejajar bahu sedikit agak ke bawah.
  6. Posisi pemukul tegak lurus di depan bahu kanan.
  7. Tatapan mata lurus tertuju pada pitcher yang bersiap melemparkan bola.


Itulah bagaimana sikap badan seorang pemain pemukul atau batter saat menunggu pelempar bola atau pitcher melemparkan bola kearah batter. Intinya seorang pemukul bola harus terus berkonsentrasi untuk memukul bola dengan baik, jangan lengah sebab jika lengah maka bola yang dilemparkan akan lolos semua.

Sumber referensi: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Untuk SMA, MA, dan SMK Kelas XI / disusun oleh Tarmudi B Hafid ; Ahmad Rithaudin. --Jakarta : PusatKurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.



Artikel Terkait

0 Response to "Sikap Badan Pemain Pemukul Saat Menunggu Lemparan Bola dari Pitcher"

Post a Comment

Powered by Blogger.