Pencipta Permainan Softball


George Hancock Softball [www.allaboutfastpitch.com]
Pencipta Permainan Softball ~ Softball merupakan permainan yang dimainkan oleh dua regu, dimana masing-masing regu yang bertanding diperkuat oleh sembilan orang pemain. Masih belum banyak yang mengetahui tentang awal mula dari softball, nah berikut ini akan di uraikan tentang sejarah awal dari softball hingga perkembangannya di Indonesia.


Permainan softball berasal dari Amerika Serikat, yang diciptakan oleh bangsa Amerika yang bernama George Hancock pada tahun 1887. Kemudian pada tahun 1906 Lewis Robert menyusun peraturan mengenai softball yang diperbaiki oleh Mathew pada tahun 1916.

Permainan ini pertama kalinya sebagai pengganti permainan baseball, karena itu softball lebih lunak bila dibandingkan dengan permainan baseball, jadi bila dipukul tidak terlalu jauh. Permainan softball untuk pertama kali dimainkan di dalam ruangan, namun kurang berkembang.


Akhirnya pada tahun 1930 H. Fiscer dan M.J. Panley mencoba memindahkan permainan softball dari dalam ruangan (in door) ke luar ruangan (out door). Ternyata setelah dimainkan di luar ruangan permainan ini lebih berkembang.

Permainan softball mulai dipertandingkan dalam kejuaraan dunia pada tahun 1933 di Jl Hill Chicago. Permainan softball mulai dikenal di Asia sejak diadakan kejuaraan di Manila (Filipina) pada tahun 1968. Sedangkan di Indonesia permainan ini mulai aktif dimainkan pada tahun 1967 dan pada tahun itu pula terbentuknya Persatuan Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia (PERBASASI).


Di Indonesia permainan ini (softball) pertama kali dimainkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) VII pada tahun 1969 di Surabaya. Oleh karena permainan softball merupakan permainan yang relatif baru, maka hanya diikuti oleh beberapa daerah saja. Akan tetapi, pada pelaksanaan PON yang berikutnya sudah ada peningkatan jumlah peserta yang mengikuti pertandingan softball.

Karena softball terus berkembang, maka permainan ini selalu masuk ke dalam acara pertandingan pada setiap dilaksanakan Pekan Olahraga Nasional (PON). Bahkan sekarang sudah sering diadakan kejuaraan nasional antara perkumpulan softball, baik putra maupun putri. Hal ini menunjukkan bahwa permainan ini sudah banyak digemari oleh para masyarakat di Indonesia.

Sumber referensi: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Untuk SMA, MA, dan SMK Kelas XI / disusun oleh Tarmudi B Hafid ; Ahmad Rithaudin. --Jakarta : PusatKurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.



Artikel Terkait

0 Response to "Pencipta Permainan Softball"

Post a Comment

Powered by Blogger.