Ini yang Dilakukan Pemain dari Tim Pemukul Dalam Permainan Softball


Pemain dari tim pemukul [ESPN.com]
Ini yang Dilakukan Pemain dari Tim Pemukul Dalam Permainan Softball ~ Sofbol atau dikenal dengan softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari dua tim. Terdapat sebuah regu yang berjaga (defensif) dan tim yang memukul (ofensif). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari hingga menyentuh marka akhir yaitu home plate.


Susunan regu pemukul ditentukan berdasarkan nomor para pemain yang sudah ditetapkan dalam daftar susunan pemain, yaitu dari nomor satu sampai dengan nomor dua belas. Pengaturan regu pemukul diatur sedemikian rupa, yaitu pemain yang memiliki pukulan cukup baik dan cepat akan ditempatkan pada urutan 1, 2, 8, dan 9, sedangkan yang lainnya di urutan tengah. Hal ini bertujuan untuk mencari angka. Pemukul terakhir untuk memulangkan pelari yang ada di base.

Dalam permainan softball pemain-pemain dari tim atau regu pemukul menjalankan tugasnya untuk mendapatkan dan menghasilkan poin sebanyak-banyak sehingga timnya bisa menang. Berikut ini yang dilakukan pemain dari tim pemukul (ofensif) dalam permainan softball.


Hal yang pertama yang dilakukan oleh pemain dari tim pemukul ialah memukul bola, bola yang dipukul dilemparkan atau dilambungkan oleh seorang pitcher dari tim lawan. Pemain pemukul bola ini harus bisa memukul bola yang dilambungkan tersebut untuk memberinya kesempatan berlari ke base selanjutnya.

Setelah memukul bola kemudian dilanjutkan dengan lari menuju base pertama dengan secepat-cepatnya pada garis lurus hingga ada di base sebelum penjaga base menangkap bola. Apabila lari cukup menyulitkan berada di antara bola dan penjaga, lakukan sliding sambil meluncurkan badan ke arah base hingga kita dapat menyentuh base dengan selamat. Pelari harus terus berlari hingga hitungan detik menuju base sebelum bola tertangkap oleh penjaga base.


Lari dari base ke base membutuhkan kecepatan dan ketepatan sehingga tidak dapat dimatikan oleh penjaga base. Dalam permainan baseball, setiap base harus ditempati oleh satu orang pelari. Di base tidak boleh ada lebih dari satu orang, apalagi melewati pelari yang berada di depannya. Tujuan terakhirnya ialah Home Plate dan mendapatkan angka (run)

Sumber referensi: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Untuk SMA, MA, dan SMK Kelas XI / disusun oleh Tarmudi B Hafid ; Ahmad Rithaudin. --Jakarta : PusatKurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.



Artikel Terkait

0 Response to "Ini yang Dilakukan Pemain dari Tim Pemukul Dalam Permainan Softball"

Post a Comment

Powered by Blogger.