Info...

Tujuan Melakukan Pukulan Swing Dalam Permainan Softball

Softball swing [image by www.active.com], 
Tujuan Melakukan Pukulan Swing Dalam Permainan Softball ~ Pukulan swing merupakan salah satu teknik pukulan yang ada dalam permainan softball, boleh dibilang bahwa teknik pukulan swing ini lawan dari pukulan bunt. Jika pada pukulan bunt bola yang dilambungkan oleh Pitcher dipukul dengan pelan, maka lain halnya dengan pukulan swing yang memukul bola dengan sekuat-kuatnya.


Pukulan swing adalah salah satu teknik dalam memukul bola softball dengan melakukan ayunan sehingga bola dapat dipukul jauh dari jangkauan pemain penjaga lawan. Teknik pukulan swing ini paling sering dan banyak digunakan oleh para pemain softball karena dengan menggunakan teknik ini akan banyak mendapatkan poin.

Secara teknis memukul bola dengan teknik swing ini harus mempunyai konsentrasi yang tinggi terhadap bola yang dilambungkan atau dilemparkan oleh Pitcher. Selain cara memegang tongkat pemukul juga harus diperhatikan, harus menggunakan pegangan bawah agar ayunan tongkat pemukul akan semakin kuat dikarenakan kekuatan pukulan bertumpu pada ujung tongkat pemukul.

Adapun tujuan dari melakukan teknik pukulan swing ini dalam permainan softball ialah untuk memukul bola sejauh-jauhnya, kalau perlu bola hasil pukulan terlempar jauh hingga keluar dari lapangan permainan sehingga tim mempunyai kesempatan yang sangat baik untuk mencetak poin atau skor sebanyak-banyaknya.


Pukulan Swing atau memukul bola dengan ayunan digunakan untuk memukul bola sekeras mungkin dan pada saat memukul harus selalu berdiri dalam batter box. Pukulan swing dalam softball dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

1. Tahap Persiapan
  • Berdiri dengan kaki melangkah dengan berat badan bertumpu pada kedua kaki.
  • Sikap badan agak condong ke depan, pinggul dan lutut rileks.
  • Kayu pemukul atau bet dipegang erat dengan ekdua tangan, posisi bahu depan dan belakang sejajar.
  • Pandangan ke arah pitcher atau pelempar bola.
2. Tahap pelaksanaan
  • Ketika bola dilempar oleh pitcher, lakukan perkiraan yang tepat antara mengayun bet dengan arah datangnya bola.
  • Pada saat bet mengenai bola, lecutkan pergelangan tangan sampai bet tersebut mengenai bola bersamaan dengan tumit kaki belakang terangkat.


3. Akhir Gerakan
  • Tumit diangkat dari tanah.
  • Bbet menyilang depan badan hingga berakhir di bahu kiri.
  • Pandangan mengikuti arah gerakan bola.
Agar tidak menerawang dan menghayal mengenai gerakan teknik pukulan swing, berikut ini saya berikan pula video tentang pukulan dengan ayunan atau pukulan swing ini, silahkan teman-teman untuk menyaksikan videonya berikut ini.


Baca juga ini:



Artikel Terkait

0 Response to "Tujuan Melakukan Pukulan Swing Dalam Permainan Softball"

Post a Comment

Powered by Blogger.