Info...

Tujuan Melakukan Pukulan Bunt Dalam Permainan Softball

Softball bunt [image by www.normantranscript.com], 
Tujuan Melakukan Pukulan Bunt Dalam Permainan Softball ~ Pukulan yang baik menjadi salah satu syarat utama untuk mendapatkan poin dalam permainan Softball, sebab dengan melakukan pukulan yang baik maka pemain lawan akan sulit untuk menjangkau serta mendapatkan bola yang telah dipukul tadi. Selain itu strategi dalam memukul bola juga diperhitungkan dalam hal mencetak angka.


Salah satu bentuk pukulan yang biasa digunakan dalam permainan softball ialah pukulan bunt atau pukulan menahan bola, kengapa disebut pukulan menahan bola? Sebab pukulan ini dalam teknisnya hanya menahan datangnya bola yang dilemparkan atau dilambungkan oleh Pitcher sehingga bola tadi tidak terlempar jauh dari pemain pemukul.

Tujuannya dari menggunakan pukulan bunt ini ialah untuk mengecoh lawan yang mengira bola akan kita pukul jauh, akan tetapi bola yang dipukul tidak jauh dari pemukul. Untuk menggunakan pukulan bunt yang perlu diperhatikan ialah posisi tangan pada tongkat pemukul, berbeda dengan pukulan swing, posisi salah satu tangan memegang bagian tengah dari tongkat pemukul.


Penempatan bola juga menjadi hal perlu juga diperhatikan, letak penempatan bola yang baik ialah berada diantara catcher dan pitcher atau jauh dari jangkauan pemain lawan sehingga kita dapat waktu yang banyak untuk berlari ke base. Berikut ini cara melakukan pukulan bunt dalam permainan softball.

1. Sikap persiapan
  • Berdiri dengan sikap kaki melangkah.
  • Berat badan bebrtumpu pada kedua kaki.
  • Sikap badan agak condong ke depan, pinggul dan lutut rileks.
  • Kayu pemukul atau bet dipegang erat dengan kedua tangan diatas belakang bahu.
  • Pandangan ke arah pelempar atau pitcher.
2. Tahap pelaksanaan
  • Pada saat pelempar bola atau pitcher melempar bola, langkahkan atau gerakkan salah satu kaki ke depan ke arah pelempar bola atau pitcher.
  • Kedua tangan memegang bet di depan badan.


  • Sebelum kayu pemukul menyentuh bola, ubah posisi salah satu memegang bagian tengah dari tongkat pemukul.
  • Bola dipukul dengan cara siku dibengkokkan, sedangkan kedua lengan dimanfaatkan untuk membantu pemukul dalam memantulkan bola.
3. Akhir gerakan
  • Setelah bola mengenai tongkat pemukul maka jatuhkan tongkat pemukul dan lari sekencang-kencangnya menuju Base.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini video tentang cara melakukan pukulan bunt yang dilakukan oleh pemain softball. Selamat menyaksikan.


Baca juga ini:



Artikel Terkait

0 Response to "Tujuan Melakukan Pukulan Bunt Dalam Permainan Softball"

Post a Comment

Powered by Blogger.