Teknik Pukulan Dalam Permainan Softball

Softball bunt [image by suffolktimes.timesreview.com], 
Teknik Pukulan Dalam Permainan Softball ~ Softball adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing tim tersebut diperkuat oleh sembilan orang pemain. Dua grup atau tim tersebut dibedakan menjadi dua yaitu tim atau regu penjaga dan tim atau regu menyerang, regu penjaga bertugas untuk menghalangi regu penyerang dalam mendapatkan poin, sedangkan regu penyerang akan berusaha mendapatkan poin sebanyak-banyaknya.


Jika dilihat, permainan softball sangat mudah sekali untuk dilakukan, secara garis besar permainan softball penggabungan dalam beberapa teknik yaitu teknik melempar dan menangkan, teknik berlari, teknik memukul, dan teknik sliding. Teknik memukul merupakan salah satu teknik yang paling penting dalam permainan softball khususnya bagi tim penyerang, dengan melakukan pukulan yang baik maka tim atau regu tersebut berpeluang mendapatkan poin sebanyak-banyaknya.

Dalam permainan softball dikenal dua teknik pukulan yang biasanya digunakan oleh pemain softball dalam memukul bola hasil dari lemparan atau lambungan pitcher. Kedua teknik pukulan tersebut adalah pukulan swing dan pukulan bunt, apa itu pukulan swing dan pukulan bunt? Pukulan swing adalah pukulan yang dilakukan dengan mengayunkan pemukul sekuat-kuatnya dan sekeras-kerasnya sehingga bola terlempar jauh ke belakang.


Sedangkan pukulan Bunt atau Bunting adalah pukulan yang dilakukan dengan tidak mengayunkan tongkat pemukul secara penuh sehingga bola yang dipukul akan jatuh tidak jauh dari pemain yang memukul tadi. Biasanya pukulan bunt ini disebut juga dengan pukulan tipuan, karena pemain seolah-olah akan memukul bola sejauh-jauhnya tapi ternyata tidak. Dibawah ini merupakan cara melakukan teknik pukulan dalam permainan softball adalah:

1. Pukulan Swing
  • Sikap awal, Berdiri dengan kedua kaki dijarangkan. Kaki kiri diputar mengarah lurus dengan pitcher. Berat badan bertumpu pada kedua kaki dan badan sedikit condong ke depan. Pemukul dipegang erat oleh kedua tangan dan posisi memukul sedemikian rupa sehingga tepat di atas bahu. Lengan kanan lebih rendah daripada lengan kiri dan pandangan lurus ke arah datangnya bola dari pitcher.


  • Sikap saat memukul, Setelah bola dilempar oleh pitcher, bola segera dipukul secara tepat dengan mengayunkan pemukul ke arah datangnya bola yang dilemparkan oleh pitcher. Kaki kanan sedikit ditekuk dan kedua tangan diluruskan.
  • Sikap akhir, Setelah bola berhasil dipukul dengan baik, diikuti dengan gerakan ayunan bat sebagai gerakan lanjutan.
2. Pukulan Bunt
  • Sikap awal, Berdiri dengan sikap kaki melangkah, Berat badan bertumpu pada kedua kaki. Sikap badan agak condong ke depan, pinggul dan lutut rileks. Kayu pemukul (bet) dipegang erat dengan kedua tangan di atas belakang bahu. Pandangan ke arah pelempar bola (pitcher).


  • Sikap saat memukul, Pada saat pelempar bola (pitcher) melemparkan bola, langkahkan (gerakkan) salah satu kaki ke depan ke arah pelempar bola (pitcher). Kedua tangan menggenggam bet depan bada. Bola lalu dipukul dengan cara siku dibengkokkan, sedangkan kedua lengan dimanfaatkan untuk membantu pemukul dalam memantulkan bola.
  • Sikap akhir, Kedua kaki berdiri terbuka selebar bahu, kedua lutut direndahkan. Badan agak condong ke depan. Pandangan mengikuti arah gerakan bola. Segera berlari menuju Base 1.
Itulah penjelasan singkat mengenai teknik pukulan dalam permainan softball, dimana dalam permainan softball dikenal dua teknik pukulan yaitu pukulan swing dan pukulan bunt. Semoga penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai permainan softball, sampai ketemu pada postingan selanjutnya.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Teknik Pukulan Dalam Permainan Softball"

Post a Comment