Cara-Cara Memegang Bola Pada Permainan Softball

Teknik memegang bola softball [image by softballchatter.ringor.com], 
Cara-Cara Memegang Bola Pada Permainan Softball ~ Permainan softball merupakan permainan yang dimainkan oleh dua tim atau regu dimana masing-masing regu tersebut terdiri dari sembilan orang yang tersebar ke berbagai posisi, khusus untuk regu penjaga atau tim defensif. Sedangkan tim penyerang atau ofensif pemainnya bertugas sebagai pemukul dan berlari ke semua base untuk mendapatkan poin atau angka.


Seperti yang telah kita ketahui bersama, untuk memainkan permainan softball diperlukan penguasaan teknik-teknik dasarnya, terdapat beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai oleh pemain softball khususnya bagi tim yang bertugas untuk menjaga. Salah satu teknik dasar tersebut ialah teknik dasar memegang bola.

Teknik memegang bola sangat penting untuk dikuasai atau dipelajari bagi setiap pemain, hal ini dikarenakan teknik memegang bola akan sangat berguna pada saat akan melempar bola. Apakah akan melempar bola ke antar teman atau melempar atau melambungkan bola yang biasa dilakukan oleh pitcher. Pada umumnya terdapat dua teknik memegang bola, akan tetapi jika dilihat dari tingkat umur yang memainkan softball teknik ini dapat dilakukan dengan tiga cara.

Cara-cara memegang bola pada permainan softball ialah teknik memegang bola dengan dua jari, teknik memegang bola dengan tiga jari, dan teknik memegang bola dengan empat jari. Berikut ini akan dijelaskan penjelasan ketiga cara teknik memegang bola softball.

1. Memegang bola dengan empat jari (untuk tingkat pemula dan jari-jarinya pendek)


cara ini menempatkan kelima bagian jari tangan pada sekeliling bola sedemikian rupa menjadi satu genggaman. pegangan seperti ini biasanya dilakukan oleh anak-anak pemain pemula atau pemain yang memiliki jari-jari yang pendek.

2. Memegang bola dengan tiga jari (untuk yang memiliki tangan kecil dan jari-jari pendek)
cara ini menempatkan tiga jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis pada bagian atas. jari kelingking dan ibu jari di bgian bawahnya. Pegangan ini digunakan untuk pelempar yang mempunyai ukuran jari-jari kecil dan pendek atau biasanya sering digunakan oleh wanita.

3. Memegang bola dengan dua jari (untuk yang memiliki tangan besar dan jari-jari panjang)


cara ini menepatkan jari telunjuk dan jari tengah pada bagian atas bola dan disangga oleh ketiga jari lainnya pada bagian bawah bola. Teknik ini digunakan untuk pelempar yang mempunyai ukuran jari-jari besar dan panjang.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara-cara memegang bola pada permainan softball, jadi dalam permainan softball dikenal tiga teknik memegang bola softball, yaitu pegangan empat jari, pegangan tiga jari, dan pegangan dua jari. Semoga postingan ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai permainan softball. Sampai ketemu pada postingan selanjutnya.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Cara-Cara Memegang Bola Pada Permainan Softball"

Post a Comment