Softball dan Baseball Dipertandingkan Pada Asian Games Jakarta-Palembang 2018

Logo 18th Asian Games Jakarta-Palembang 2018 [image by kompas.com], 
Softball dan Baseball Dipertandingkan Pada Asian Games Jakarta-Palembang 2018 ~ Untuk kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan pesta olahraga terbesar se Asia yaitu Asian Games ke 18, terkahir Indonesia menjadi tuan rumah pada 52 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 24 Agustus-4 September tahun 1962 yang waktu itu bertempat di kota Jakarta. Pada perhelatan yang ke 18 kali ini, Asian Games 2018 akan diadakan di dua kota yaitu Palembang dan Jakarta.


Pada bulan lalu, tepatnya pada tanggal 20 September 2017 Olympic Council of Asia (OCA) menetapkan sebanyak 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Dan dari 40 cabang olahraga tersebut dua diantaranya ialah olahraga Softball dan Baseball.

Seperti yang dikutip dari Kompas.com, Kepastian ini terbit setelah Olympic Council of Asia (OCA) mengadakan General Assembly ke-36 di Ashgabat, Turkmenistan, 20 September 2017. Adapun, penetapan ke-40 cabor Asian Games 2018 pada General Assembly tersebut merupakan lanjutan dari rapat koordinasi komite ke-7 di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Indonesia, pada 18 Agustus 2017.

Sementara itu venue atau tempat pertandingan olahraga softball yang sebelumnya direncanakan akan digelar di Palembang akhirnya dipindahkan ke Jakarta dan akan dibuatkan lapangan baru yang berstandar internasional, hal tersebut karena melihat keadaan tempat serta banyaknya penonton yang akan hadir menyaksikan pertandingan.


Seperti yang dikutip dari sport.tempo.co, Wakil Ketua Umum KOI Muddai Madang dalam konferensi pers di Jakarta, menyatakan "Lapangan softball di Senayan lebih bagus. Kalau digelar di sana (Palembang) yang mau menonton siapa. Kalau banyak penonton sponsor juga akan mau,".

Sementara itu untuk menyeleksi pemain softball yang akan diturunkan pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, PERBASASI selaku induk olahraga softball mengadakan Liga Softball Mahasiswa yang untuk pertama kalinya diadakan. Liga Softball Mahasiswa ini akan digelar 20-29 Januari 2017, bertempat di lapangan softball Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat.

Seperti yang dikutip dari sport.detik.com, Ketua PB Perbasasi Syahrir Nawier dalam jumpa pers di Senayan, Jakarta menyatakan "Kegiatan ini baru pertama kali kami gelar di Indonesia. Tentu ini akan menjadi sarana untuk mencari atlet-atlet softball putra muju Kejuaraan Dunia sofball di Kanada pada Juli 2017 dan atlet softball putri yang akan dipersiapakan menuju Asian Games 2018 di Jakarta. Kebetulan softball putra kan memang tidak dipertandingkan,".


Berikut ini secara lengkap cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada 18th Asian Games Jakarta Palembang 2018.
Image by kompas.com.
Baca juga ini:

Related Posts:

1 Response to "Softball dan Baseball Dipertandingkan Pada Asian Games Jakarta-Palembang 2018"