Posisi Tangan Pada Tongkat Pemukul Saat Melakukan Pukulan Tumbuk (Bunt)

Posisi Tangan Pada Tongkat Pemukul Saat Melakukan Pukulan Tumbuk (Bunt) ~ Softball merupakan salah satu olahraga yang dalam permainannya menggunakan alat semacam tongkat pemukul untuk memukul bola, olahraga lainnya yang serupa dengan softball ialah baseball, kriket, rounders, dan bahkan kasti. Pada olahraga-olahraga tersebut fungsi dari tongkat pemukul ini ialah untuk memukul bola sekeras-kerasnya.


Tongkat pemukul (bat) yang digunakan dalam pertandingan resmi softball adalah bat khusus yang diperuntukkan untuk sofbol. Alat pemukul atau stick yang dipakai harus sesuai dengan ketentuan yang ada, biasanya panjang tongkat pemukul 86,5 cm. Tongkat pemukul atau bat ini biasanya terbuat dari aluminium, besi, dan kayu.

Nah pada saat pertandingan terdapat beberapa teknik yang digunakan oleh pemain dalam memukul bola, salah satunya ialah memukul dengan pukulan tumbuk atau bunt. Apa itu pukulan tumbuk atau bunt? Pukulan tumbuk atau bunt ialah Suatu pukulan yang dilakukan dengan menggerakkan pemukul ke arah bola ke depan. | Pukulan dilakukan dengan kayu pemukul yang diam (tidak diayunkan) dengan maksud agar bola jatuh dekat home-base.


Dalam prakteknya, pukulan bunt ini merupakan pukulan tipuan dimana tujuan dari melakukan pukulan bunt ini ialah untuk menipu pemain penjaga lawan, selain itu dengan melakukan pukulan bunt akan mempersulit pemain penjaga untuk mengambil bola yang jauh dari jangkauannya. Pukulan ini dilakukan pertama-tama dengan memegang tongkat seolah akan memukul bola dengan mengayun.

Setelah bola dilemparkan oleh pemain pitcher maka posisi tangan pada tongkat pemukul berubah, yang pada awalnya posisi kedua tangan menggenggam bagian bawah tongkat, kini berubah dengan salah satu tangan naik memegang bagian tengah tongkat pemukul sehingga gerakannya hanya sekedar mengenai  bola pada tongkat tanpa menggunakan tenaga yang besar.


Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami berikan video bagaimana cara melakukan pukulan menahan bola atau bunt pada permainan softball, serta perhatikan pula posisi tangan pemain softball tersebut saat melakukan pukulan bunt. Selamat menyaksikan.

Itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana posisi tangan pada tongkat pemukul saat melakukan pukulan tumbuk atau bunt pada permainan softball. Semoga postingan ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai olahraga softball.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Posisi Tangan Pada Tongkat Pemukul Saat Melakukan Pukulan Tumbuk (Bunt)"

Post a Comment