Pengertian dan Cara Melakukan Hook Slide

Teknik sliding mengait
[image by www.youtube.com/watch?v=_IhhCmgZvLI],
Pengertian dan Cara Melakukan Hook Slide ~ Olahraga softball merupakan olahraga yang memadukan segala macam gerakan dan kecepatan serta ketepatan, maka dari itu setiap pemain yang bermain perlu menguasai beberapa teknik yang dapat membantu kita dalam memenangkan pertandingan. Salah satu teknik dasar yang sering dilakukan oleh pemain softball, khususnya saat giliran menjadi tim penyerang (ofensif) ialah teknik sliding atau meluncur.


Apa yang dimaksud dengan gerakan sliding? Sliding adalah sebuah gerakan yang dilakukan sebagai upaya untuk menjangkau base dengan cepat dengan cara meluncurkan dan menyentuhkan anggota badan ke base. Tujuan sliding disini ialah untuk mengurangi laju lari ke arah base tanpa kehilangan tempo lari antar base dan dapat berhenti tepat di atas base tersebut.

Teknik sliding atau meluncur ke base ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, akan tetapi terdapat 3 cara sliding yang biasa dilakukan oleh pemain softball saat akan sampai ke base. Jika pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang teknik sliding yang pertama yaitu Straight Leg Slide (teknik sliding lurus), nah pada postingan kali ini kita akan membahas teknik sliding yang kedua yaitu Hook Slide (teknik sliding mengait).


Seperti apa itu teknik sliding Hook Slide atau teknik sliding mengait? Sesuai namanya Hook Slide atau teknik sliding mengait adalah salah satu teknik sliding yang dilakukan dengan awalan berlari dan diakhiri dengan meluncur disamping base dan memegang base dengan cara mengait. Untuk lebih jelasnya, berikut ini secara lengkap cara melakukan Hook Slide (teknik sliding mengait), yaitu:
  • Melakukan awalan dengan berlari sekencang-kencangnya menuju base.
  • Saat hendak mendekati base, arah lari di diubah ke sebelah luar base.
  • Tubuh dijatuhkan dengan kaki terlebih dahulu meluncur, dan posisi badan dimiringkan menghadap base.
  • Posisi tangan saat melakukan sliding siap untuk menyebtuh base.
  • Pada akhir gerakan posisi badan tirap dengan salah satu tangan memegang base.


Itulah penjelasan singkat mengenai cara melakukan hook slide atau teknik sliding mengait, semoga postingan ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai olahraga softball khususnya teknik sliding yang sangat menguntungkan jika dikuasai.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Pengertian dan Cara Melakukan Hook Slide"

Post a Comment