Ukuran Lengkap Base, Home Plate, Pitcher's Plate, Batter's Box dan Catcher's Box Pada Lapangan Softball


Ukuran base dalam lapangan softball, 
Ukuran Lengkap Base, Home Plate, Pitcher's Plate, Batter's Box dan Catcher's Box Pada Lapangan Softball ~ Seperti pada olahraga lainnya, terdapat beberapa perlengkapan yang perlu di sediakan sebelum memainkan permainan softball. Salah satu perlengkapan tersebut ialah lapangan softball, lapangan softball berbentuk berlian segi empat atau diamond.


Pada bagian dalam lapangan softball terdapat beberapa tanda yang diberikan sebagai penambah perlengkapan pada lapangan softball. Beberapa tanda tersebut diantaranya base atau marka sebagai tempat hinggapnya pemain setelah melakukan pukulan, home plate sebagai tempat awal dan tempat akhirnya, pitcher plate sebagai tempat seorang pemain pelempar melempar bola.

Terdapat juga batter dan catcher box sebagai tempat pemain dan penangkap bola berada. Untuk membuat tanda-tanda tersebut tidaklah sembarangan, perlu untuk memperhatikan ukuran yang pas dan ukuran-ukuran ini telah ditentukan oleh Federasi Softball Dunia dibawah naungan ISF. Untuk itu berikut ini akan kami berikan ukuran lengkap dari Base, Home Plate, Pitcher's Plate, Batter's Box dan Catcher's Box.


Base atau marka dalam lapangan softball berjumlah 4 termasuk home plate, base tersebut diberi nomor berlawanan dengan jarum jam atau dari kanan ke kiri yaitu base satu (first base), base dua (second base), dan base tiga (third base). Base ini mempunyai bentuk segi empat dengan ukuran 38 cm x 38 cm dan tingginya 11 cm - 13 cm.
Ukuran home plate dalam lapangan softball, 
Home plate atau baisa juga disebut dengan base ke empat merupakan base yang terdapat pada awal melakukan pukulan dan akan berakhir disitu juga setelah melewati ketiga base lainnya. Home plate berbeda dengan base lainnya karena berbentuk persegi lima terbalik dengan ukuran 45 cm x 22 cm x 31,8 cm.
Ukuran pitcher plate dalam lapangan softball, 
Pitcher plate merupakan salah satu marka dimana marka ini merupakan tempat seorang pitcher atau pelempar bola melakukan lemparan. Pitcher plate berada dalam lingkaran atau pitching point, berbentuk persegi panjang dengan ukuran 60,96 cm x 15,24 cm.
Ukuran batter dan catcher box dalam lapangan softball, 
Batter box dan Catcher box merupakan wilayah dari kedua pemain tersebut (batter dan catcher) dalam wilayah ini terdapat beberapa marka yaitu home plate, tempat memukul, dan tempat penangkap bola. Bentuk batter's box persegi panjang dan terdapat dua kiri dan kanan, dengan ukuran 1 m x 2,2 m. Sedangkan ukuran catcher box berbentuk persegi terletak di belakang batter box dengan ukuran 3,05 m x 3,05 m.

Itulah penjelasan singkat mengenai ukuran lengkap base, home plate, pitcher's plate, batter's box dan catcher's box pada lapangan softball. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai olahraga softball.

Baca juga ini:



Artikel Terkait

0 Response to "Ukuran Lengkap Base, Home Plate, Pitcher's Plate, Batter's Box dan Catcher's Box Pada Lapangan Softball"

Post a Comment

Powered by Blogger.