Peralatan dan Perlengkapan yang Digunakan oleh Pemain Softball


Perlengkapan softball [image by fischersports.weebly.com], 
Peralatan dan Perlengkapan yang Digunakan oleh Pemain Softball ~ Setiap olahraga mempunyai peraturan tersendiri mengenai peralatan dan peprlengkapan yang digunakan oleh pemain dalam menjalankan pertandingan, tidak terkecuali juga pada olahraga softball yang dimainkan oleh dua regu dengan sembilan orang pemain. Dalam softball terdapat beberapa peralatan dan perlengkapan yang wajib dikenakan dan digunakan saat bertanding.


Beberapa peralatan dan perlengkapan tersebut ialah helmet atau helem, glove atau sarung tangan, bat atau pemukul, bola, seragam, serta protektor untuk pemain yang berposisi sebagai catcher. Semua perlengkapan tersebut harus dan wajib dikenakan oleh setiap pemain softball, selain untuk pembeda dengan regu lain, perlengkapan juga dapat menjaga keamanan dan keselamatan.

Berikut ini akan dijelaskan secara singkat mengenai beberapa perlengkapan dan peralatan yang digunakan oleh setiap pemain softball, beserta fungsi-fungsinya bagi pemain itu sendiri.

1. Helmet


Helmet atau helem digunakan sebagai alat perlindungan untuk kepala, terlebih untuk pemain yang berposisi sebagai pemukul bola dan catcher. Dengan menggunakan helmet akan lebih aman lagi saat bebrmain sebab helmet ini akan menjaga pemain dari hantaman bola nyasar. Pada umumnya helmet softball dibedakan menjadi dua macam, yaitu Batting Helmet dan Catcher Helmet.

2. Glove
Glove atau sarung tangan merupakan salah satu perlengkapan yang wajib juga digunakan oleh pemain softball. Sarung tangan ini merupakan perlengkapan yang menutupi tangan sebagian maupun keseluruhan, pada umumnya sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan dari sesuatu atau berfungsi pula untuk mempermudah dalam menangkap bola.

Pada umumnya sarung tangan atau glove dalam softball terdapat tiga macam, yaitu glove softball yaitu, Finger glove, Catcher glove, dan First base mills.

3. Bat


Dalam olahraga softball tongkat yang digunakan untuk memukul bola disebut dengan bat, sedangkan pemain yang bertugas untuk memukul bola disebut dengan batter. Tongkat pemukul ini berfungsi untuk memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher sejauh mungkin, Untuk dapat melakukan pukulan yang baik menggunakan bat maka seorang pemain softball perlu terus berlatih. Tongkat pemukul atau bat biasanya terbuat dari aluminium, besi, dan kayu, dengan panjang sekitar 86,5 cm.

4. Bola
Bola softball berbentuk bulat dan berwarna putih atau kuning, disetiap sisi bola dijahit dengan benang tebal, biasanya berwarna merah. Bola softball terbuat dari kulit sintesis atau synthetic leather. Bola softball lebih besar dibandingkan dengan bola baseball, dengan ukuran keliling bola softball sekitar 27,9 - 30,5 cm dan berat bola softball sekitar 178,0 gram - 198,4 gram.

5. Catcher Protector


Catcher protektor atau pelindung tubuh khusus dipergunakan untuk pemain yang berposisi sebagai penangkap bola atau catcher. Pelindung tubuh untuk catcher ini meliputi helmet, sarung tangan, pelindung dada atau pelindung tubuh bagian depan hingga kebawah, serta pelindung kaki atau tulang kering.

6. Uniform / Seragam Pertandingan
Setiap pemain pada suatu tim atau regu wajib untuk memakai seragam atau uniform yang berbeda dengan tim lainnya, uniform atau seragam ini berupa topi, baju, tshirt, dan celana yang sama design, bentuk potongan, warna dasar/kombinasi. Pada Uniform harus tercantum nama tim/club dibagian muka dan Nomor Punggung dibagian belakang yang tetap untuk setiap pemain. Biasanya dalam pertandingan softball Home Team menggunakan uniform warna gelap, Visiting Team menggunakan uniform warna terang.

Baca juga ini:



Artikel Terkait

0 Response to "Peralatan dan Perlengkapan yang Digunakan oleh Pemain Softball"

Post a Comment

Powered by Blogger.