5 Posisi Pemain Penjaga Pada Permainan Softball



5 Posisi Pemain Penjaga Pada Permainan Softball ~ Pada dasarnya softball atau bisbol merupakan permainan yang dimainkan oleh dua (2) tim atau regu, dimana masing-masing tim tersebut diperkuat oleh sembilan orang pemain. Dalam permainannya kedua tim tersebut dibagi menjadi tim pemukul atau ofensif dan tim penjaga atau defensif, tim ofensif bertugas untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya sedangkan tim defensif menghalangi tim ofensif dalam mencetak angka.


Untuk dapat menghalangi tim pemukul/penyerang (ofensif) dalam mendapatkan poin/angka sebanyak-banyaknya, setiap pemain tim bertahan harus dengan lugas dan cermat mematikan setiap pemain lawan yang akan mencetak angka. Maka dari itu penempatan pemain di posisi yang dikuasainya sangat penting dalam sebuah tim.

Terdapat lima (5) posisi pemain penjaga pada permainan softball yang sangat fital dalam menahan tim lawan untuk mendapatkan poin atau angka dalam permainan softball, kelima posisi pemain penjaga tersebut antara lain fielder, baseman, shortstop, pitcher, dan catcher. Sebenarnya terdapat sembilan (9) posisi pemain penjaga yang disesuaikan dengan jumlah pemain.


Pemain penjaga lainnya yaitu posisi fielder terbagi menjadi 3 yaitu left fielder, middle fielder, dan right fielder; sedangkan untuk posisi baseman atau penjaga base juga terbagi menjadi 3 yaitu first baseman atau penjaga base pertama, second baseman atau penjaga base kedua, dan third baseman atau penjaga base ketiga. Jadi jumlah pemain penjaga yaitu sembilan sama dengan jumlah pemain penjaga yang ada.

Untuk posisi kelima (5) pemain penjaga dalam lapangan softball yaitu posisi fielder berposisi atau berada pada lapangan luar yaitu dibelakang base 2, dibelakang antara base 1 dan 2, dan dibelakang antara base 2 dan 3; Sedangkan posisi baseman berada pada base 1, base 2, dan base 3; Posisi shortstop berada pada lapangan bagian dalam didepan antara base 2 dan base 3.


Sementara itu posisi pitcher berada pada tengah lapangan tepatnya dalap pitcher plate untuk melempar bola softball ke pemain pemukul lawan; Dan catcher berada pada catcher box yang terdapat dibelakang pemain pemukul lawan untuk menangkap bola yang dilemparkan oleh pitcher yang tidak dapat dipukul oleh pemain lawan.

Baca juga ini:



Artikel Terkait

0 Response to "5 Posisi Pemain Penjaga Pada Permainan Softball"

Post a Comment

Powered by Blogger.