3 Cara Memegang Bat atau Tongkat Pemukul Softball

ilustrasi cara memegang stick softball [image by www.merdeka.com], 
3 Cara Memegang Bat atau Tongkat Pemukul Softball ~ Untuk menunjang sebuah permainan softball, maka sangat perlu untuk mempersiapkan beberapa peralatan serta perlengkapan yang akan digunakan saat bertanding, salah satunya ialah tongkat pemukul atau stick atau bat. Tongkat pemukul atau stick ini berfungsi sebagai alat memukul bola softball yang digunakan oleh pemain dari tim penyerang atau pemukul.


Alat pemukul atau stick yang dipakai harus sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan, di Indonesia organisasi resmi olahraga softball ialah PB PERBASASI yang menentukan panjang dari tongkat pemukul softball tidak lebih dari 86,5 cm. Tongkat pemukul atau bat biasanya terbuat dari aluminium, besi, dan kayu.

Untuk dapat memaksimalkan kekuatan pukulan maka setiap pemain harus menguasai beberapa teknik dasar dalam hal memukul bola, salah satu teknik dasar tersebut ialah teknik memegang tongkat pemukul atau stick atau bat dalam permainan softball. Setidaknya terdapat 3 cara memegang bat atau tongkat pemukul softball, yaitu pegangan bawah, pegangan tengah, dan pengangan atas.


Pegangan bawah yaitu tongkat pemukul atau stick dipegang dekat bonggol (knob) untuk meningkatkan kekuatan pegangan dan menambah kekuatan pukulan, pegangan tengah yaitu tongkat pemukul atau stick di posisi tangan bawah sekitar 2.5 - 5 cm dari knob untuk memperoleh kekuatan dan akurasi, pegangan atas yaitu stick dipegang dengan posisi tangan bawah diletakkan sekitar 7.5 - 10 cm dari knob untuk mengurangi kekuatan pukulan dan untuk mendapatkan control yang baik.

Selain jika dilihat dari cara atau teknik memukul bolanya, memegang tongkat pemukul atau bat softball dibedakan menjadi dua, yaitu cara memegang bat untuk pukulan ayunan atau swing dan cara memegang bat untuk pukulan menahan bola atau bunt. Pegangan untuk pukulan ayunan atau swing dilakukan dengan kedua tangan memegang di bagian bawah tongkat, fungsinya untuk mengeyun tongkat saat memukul bola sehingga bola jauh terpukul.


Sedangkan pegangan untuk pukulan menahan bola atau bunt dilakukan dengan salah satu tangan berada disebelah bawah tongkat pemukul dan tangan lainnya berada ditengah tongkat pemukul, fungsinya supaya bola yang dipukul jatuhnya tidak begitu jauh atau berada di antara pitcher dan catcher sehingga pemain lawan harus berlari lagi ke depan untuk mengambil bola.

Adapun cara melakukan teknik memukul bola pada umumnya yaitu sebagai berikut:
  1. Berdiri sikap melangkah, badan agak condong ke depan lutut dan pinggul rileks.
  2. Kayu pemukul/stik dipegang dengan kedua tangan di atas belakang bahu.
  3. Pandangan ke arah pitcher/pelambung
  4. Setelah bola dilemparkan pitcher, lakukan ayunan stik ke arah datangnya bola.
  5. Saat stik mau mengenai bola, lakukan pergerakan tangan dan bersamaan dengan itu tumit kaki belakang terangkat.
  6. Stik menyilang ke depan badan hingga berakhir di bahu sebelah kiri dan pandangan mengikuti arah gerakan bola.


Itulah penjelasan singkat mengenai 3 cara memegang bat atau tongkat pemukul softball dalam permainan softball, ketiga cara tersebut ialah pegangan bawah, pegangan tengah, dan pegangan atas. Semoga informasi singkat ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai olahraga softball.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "3 Cara Memegang Bat atau Tongkat Pemukul Softball"

Post a Comment