2 Macam Helmet atau Helm Dalam Permainan Softball

2 macam helmet atau helm softball,
2 Macam Helmet atau Helm Dalam Permainan Softball ~ Selain sarung tangan atau biasa disebut glove yang wajib digunakan oleh pemain softball saat bertanding, terdapat pula satu perlengkapan lainnya yang wajib untuk digunakan walaupun tidak semua pemain yang bertanding menggunakannya. Perlengkapan tersebut ialah helmet atau helm.


Memang tidak semua pemain yang bertanding dalam permainan softball menggunakan helmet atau helm, jika kita menyaksikan pertandingan softball pemain penjaga serta pemain yang melambungkan bola hanya menggunakan topi sebagai pelindung kepala. Hanya Batting serta Catcher yang menggunakan helmet saat bermain.

Helmet yang digunakan oleh pemain yang berposisi sebagai pemukul bola atau batting dan penangkap bola atau catcher berfungsi untuk melindungi kepala mereka dari terjangan bola yang dilambungkan atau dilemparkan oleh pitcher atau pemain pelempar bola. Kiranya bola yang dilempar atau dilambungkan tersebut tidak sengaja mengarah ke bagian kepala pemain.


Pada umumnya terdapat dua jenis atau macam helmet yang digunakan dalam permainan softball, yaitu Batting Helmet, helm ini wajib dipakai oleh setiap pemain pada saat memukul bola dan saat menjadi pelari di base; dan jenis helm yang kedua yaitu Catcher Helmet wajib dikenakan oleh setiap catcher pada waktu bertugas dilapangan,baik waktu melakukan pemanasan maupun pada waktu pertandingan.

Perbedaan dari kedua helmet atau helm tersebut sangat jelas jika kita perhatikan, batting helmet mempunyai bentuk seperti topi dengan pelindung kepala belakang serta pelindung telinga. Sementara itu catcher helmet lebih aman lagi yaitu dengan tambahan pelindung wajah hingga ke bawah mirip dengan helm motor cross (perhatikan gambar diatas).


Itulah penjelasan singkat mengenai 2 macam helmet atau helm yang digunakan dalam permainan softball, semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai olahraga softball dan semoga olahraga ini dapat berkembang luas lagi di Indonesia.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "2 Macam Helmet atau Helm Dalam Permainan Softball"

Post a Comment