Istilah The Steal Dalam Softball

Taktik the steal softball [image by archive.northjersey.com], 
Istilah The Steal Dalam Softball ~ Salah satu keberhasilan dalam mendapatkan skor pada permainan softball ialah dengan menguasai teknik dasarnya, selain teknik dasar taktik menyerang juga dapat menjadi faktor yang menentukan sebuah tim softball dapat memenangkan sebuah permainan. Untuk menerapkan taktik menyerang yang jitu, setiap pemain perlu untuk mempunyai kejelian dalam melihat posisi pemain penjaga serta teman yang berada pada base.


Pada umumnya taktik penyerangan dalam permainan softball diawali oleh pemain pemukul, bisa dibilang setiap pemain yang melakukan pukulan merupakan penentu dari sebuah taktik menyerang yang akan dilakukan. Takti penyerangan dalam permainan softball yang dilakukan oleh pemain pemukul haruslah untuk melindungi atau mempermulus teman yang berada pada base untuk maju ke base berikutnya.

Salah satu taktik menyerang yang biasanya dilakukan oleh regu penyerang dalam olahraga softball ialah siasat yang dilakukan oleh pelari di base. Keberhasilan siasat ini dipengaruhi kecepatan dan kejelian pelari melihat pelepasan bola dari pitcher. Dengan segera melompat meninggalkan base, di samping itu ditunjang kemampuan sliding untuk meraih base yang dituju. Taktik ini biasa disebut dengan The steal atau mencuri base.


Taktik ini yang paling berperan ialah pemain yang berada di base, akan tetapi pukulan dari batter juga menentukan keberhasilan taktik ini apabila batter melakukan pukulan yang baik dan susah untuk ditangkap oleh pemain penjaga.  Dipihak lain steal akan berhasil lebih baik dengan bantuan batter mengganggu catcher, sehingga bola yang dilepas oleh pitcher tidak tertangkap oleh catcher.

The steal dapat dilakukan lebih dari satu orang, seperti berikut ini.
  • Single steal dilakukan bila hanya ada satu orang pelari yang melakukan stealing dari satu base ke base berikutnya sewaktu pitcher melakukan pitching.
  • Double steal dilakukan bila terdapat dua pelari pada dua base melakukan stealing. Stealing tidak bermanfaat jika tim ketinggalan lebih dari satu angka, telah mati 2.


Itulah penjelasan singkat mengenai taktik dalam penyerangan permainan softball yang biasanya diistilahkan dengan the steal atau mencuri base, mencuri base disini diartikan sebagai pemain yang berada di base dengan cepat meninggalkan basenya dan berpindah ke base lain ketika pemain pemukul atau batter memukul bola. Semoga penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang olahraga softball.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Istilah The Steal Dalam Softball"

Post a Comment