Istilah Sacrifice Fly Dalam Softball

Batter softball [image by student.unud.ac.id], 
Istilah Sacrifice Fly Dalam Softball ~ Jika dilihat dari cara bermainnya, pasti sebagian orang tidak akan mengetahui bahwa permainan softball juga memerlukan sebuah taktik dan strategi untuk memenangkan sebuah pertandingan. Bagi tim penyerang atau ofensif akan menerapkan taktik untuk menghasilkan skor sebanyak-banyaknya, sedangkan untuk tim bertahan atau defensif akan menerapkan taktik untuk menahan tim penyerang.


Khusus untuk taktik penyerangan tim ofensif dikenal beberapa istilah taktik yang biasa dilaukan dalam permainan softball, salah satunya taktik yang biasa diistilahkan dengan sebutan Sacrifice Fly. Sacrifice Fly merupakan taktik atau usaha yang dilakukan untuk memberikan kesempatan pelari yang berada pada base untuk meninggalkan basenya dan jika ada kesempatan berlari ke homebase.

Taktik Sacrifice Fly ini dilakukan atau dijalankan oleh pemain yang bertugas sebagai pemukul bola atau batter, pemain pemukul bola ini dalam menjalankan taktik Sacrifice Fly harus memukul bola sejauh-jauhnya hingga melewati pemain penjaga lapangan belakang sehingga sulit untuk di tangkap, biasanya pukulan yang baik ialah pukulan yang membuat bola keluar lapangan.


Pukulan ini sangat tepat dilakukan pada saat pertandingan berlangsung ketat. Hal ini dilakukan sebelum terjadi dua mati atau selisih nilai tidak lebih dari 2, ada pemain pada base 3, atau base 2 dan base 1. Pukulan melayang harus dilakukan oleh seorang batter yang baik karena harus memukul bola melambung ke arah outfielder.

Ketika bola dipukul jauh dan melambung ke arah outfielder, pelari pada base bersiap meninggalkan base. Jika kemungkinan bola tidak tertangkap fielder, pelari dapat langsung menuju base di depannya/ home. Akan tetapi, bila diperkirakan bola dapat ditangkap oleh outfielder, pelari siap berada di base, bersamaan dengan bola menyentuh glove penjaga, langsung lari secepatnya.


Itulah sedikit penjelasan singkat mengenai istilah Sacrifice Fly dalam permainan softball, Sacrifice Fly merupakan istilah yang digunakan dalam menjalankan taktik menyerang dengan memukul bola sekeras-kerasnya hingga melewati pemain penjaga lapangan belakang. Semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan pengetahuan kita mengenai permainan softball.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Istilah Sacrifice Fly Dalam Softball"

Post a Comment