Istilah Sacrifice Bunt Dalam Softball

Pukulan bunt [image by basesoftball.blogspot.co.id], 
Istilah Sacrifice Bunt Dalam Softball ~ Olahraga softball atau biasa juga disebut dengan sofbol merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim dimana masing-masing tim beranggotakan sembilan orang pemain. Dua tim ini dibedakan menjadi tim penyerang atau ofensif dan tim bertahan defensif, tim penyerang akan berusaha untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya sedangkan tim defensif berusaha untuk menggalkannya.


Untuk mendapatkan poin atau skor, tim penyerang biasanya melakukan bebrapa strategi atau taktik dalam menyerang. Biasanya dengan melakukan pukulan terhadap bola sejauh mungkin hingga sulit untuk ditangkap oleh pemain penjaga, salah satu teknik pukulan yang baisanya digunakan ialah teknik pukulan menahan bola atau pukulan bunt.

Dalam taktik penyerangan pada permainan softball, seorang pemain penyerang yang akan melakukan pukulan perlu untuk cermat dalam melihat posisi teman pada base, hal ini akan menentukan arah bola yang akan dia pukul.


Salah satunya ialah usaha batter atau pemain pemukul bola melakukan pukulan ke arah base 1, pitcher atau base ketiga dengan tujuan untuk membantu pelari menuju base di depannya, taktik ini biasa diistilahkan dengan Sacrifice bunt.

Adapun cara melakukan taktik pukulan Sacrifice bunt adalah:
  • Jika ada pelari pada base 1 agar dapat mencapai base 2 maka batter mengarahkan pukulan ke arah base 1. Dengan demikian memaksa penjaga base 1 mengejar bola bunt tersebut sehingga pelari pada base 1 dapat selamat mencapai base 2;
  • Apabila ada pelari pada base 1 dan 2 maka bunt diarahkan pada base 3. Sehingga penjaga base 3 terpaksa memungut bola dengan harapan tidak terjadi force play ataupun Double play. Dengan demikian, pelari pada base 1 dan base 2 dapat melanjutkan ke base berikutnya.


Sementara itu, untuk melakukan pukulan bunt atau pukulan menahan bola dalam permainan softball caranya sebagai berikut.
  • Putar posisi badan dari posisi siap memukul untuk melaukan bunt menghadap pelempar (pitcher) dengan posisi kaki tetap berada di batter box.
  • Pegang stick dengan ujung tangan diantara jari telunjuk dan ibu jari, sedangkan jari-jari lain dilipat disekitar stick.
  • Tempatkan pemukul sama tinggi di depan berhadapan dengan pelempar (pitcher).
Untuk lebih jelas mengenai cara melakukan pukulan bunt, berikut ini video yang memperlihatkan caa seorang batter atau pemain pemukul dalam melakukan pukulan menahan bola atau bunt.


Itulah penjelasan singkat mengenai istilah sacrifice bunt dalam softball, dimana istilah ini digunakan dalam taktik menyerang yang dilakukan oleh tim penyerang. Semoga penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai istilah-istilah yang terdapat pada permainan softball.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Istilah Sacrifice Bunt Dalam Softball"

Post a Comment