Tugas Tim Ofensif Pada Permainan Softball

Ofensif softball [image by dailybruin.com], 
Tugas Tim Ofensif Pada Permainan Softball ~ Olahraga softball merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim dimana masing-masing tim yang bertanding diperkuat oleh sembilan orang pemain. Dalam permainannya, kedua tim tersebut dibagi dua tim penjaga atau defensif dan tim penyerang atau ofensif. Saat mendapat giliran sebagai tim penyerang atau ofensif, tim tersebut harus berusaha untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya.


Mendapatkan poin sebanyak-banyaknya saat mendapat giliran menyerang merupakan tugas utama dari tim ofensif pada permainan softball, sebab jika mendapat giliran sebagai tim penjaga maka tidak ada kesempatan lagi untuk mencetak angka karena fokus untuk bagimana menghambat tim lawan dalam mencetak angka atau skor.

Tim yang mendapat giliran sebagai tim penyerang atau ofensif semua pemainnya berposisi sebagai pemukul, disinilah taktik atau strategi penyerangan bisa dilakukan. Taktik penyerangan adalah siasat yang dipergunakan oleh regu yang mendapat giliran memukul, secara individu atau kelompok untuk menyerang lawan dan berusaha memperoleh nilai dan kemenangan dalam pertandingan.


Terdapat beberapa taktik penyerangan yang biasanya dilakukan pemain pada tim ofensif untuk mencetak angka sebanyak-banyaknya, taktik ini dilakukan pada saat setelah tongkat pemukul mengenai bola. Adapun taktik penyerangan yang dapat digunakan oleh pemain tim ofensif dalam permainan softball adalah:

Pukulan tanpa ayunan (sacrifice bunt)

Sacrifice bunt adalah usaha batter melakukan pukulan ke arah base 1, pitcher atau base ketiga dengan tujuan untuk membantu pelari menuju base di depannya.

Pukul dan lari (hit and run)



Hit and run adalah siasat yang dilakukan oleh batter untuk membantu agar base runner dapat maju beberapa base di depannya dengan selamat. Keuntungan hit and run adalah memungkinkan tidak terjadinya out dapat membantu mencapai base di depannya.

Mencuri base (the steal)

The steal adalah siasat yang dilakukan oleh pelari di base. Keberhasilan siasat ini dipengaruhi kecepatan dan kejelian pelari melihat pelepasan bola dari pitcher. Dengan segera melompat meninggalkan base, di samping itu ditunjang kemampuan sliding untuk meraih base yang dituju.

Pukulan melayang (sacrifice fly)



Pukulan ini sangat tepat dilakukan pada saat pertandingan berlangsung ketat. Hal ini dilakukan sebelum terjadi dua mati atau selisih nilai tidak lebih dari 2, ada pemain pada base 3, atau base 2 dan base 3. Pukulan melayang harus dilakukan oleh seorang batter yang baik karena harus memukul bola melambung ke arah outfielder.

Karena tugas tim ofensif pada permainan softball mencetak poin atau angka sebanyak-banyaknya maka menggunakan taktik atau strategi menyerang merupakan hal yang harus dilakukan. Taktik atau strategi ini harus dilatih secara rutin agar saat melakukan pertandingan bisa diterapkan dengan lancar tanpa kegagalan.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Tugas Tim Ofensif Pada Permainan Softball"

Post a Comment