Pemain yang Bertugas Sebagai Pelambung Bola


Pitcher softball [image by www.stack.com], 
Pemain yang Bertugas Sebagai Pelambung Bola ~ Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa olahraga softball merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim dimana setiap tim yang bertanding beranggotakan sembilan orang pemain. Dalam permainannya kedua tim ini dibagi dua, satu tim mendapat giliran sebagai pemukul dan tim lainnya mendapat giliran sebagai penjaga.


Saat mendapat giliran sebagai tim penjaga, setiap pemain menempati posisi sesuai dengan keahliannya. Dalam permainan softball terdapat sembilan posisi yang ditempati oleh setiap pemain, salah satunya ialah pemain yang berposisi sebagai pelambung atau pelempar bola.

Pemain yang bertugas sebagai pelambung bola atau pelempar bola dalam permainan softball dinamakan dengan Pitcher, pemain ini berposisi atau berada di daerah khusus seorang pitcher yang biasanya disebut dengan pitcher’s plate.


Pitcher’s plate berbentuk lingkaran dimana jika seorang pitcher saat melambungkan atau melempar bola ke pemain pemukul tidak boleh keluar dari daerah tersebut. Dalam menempati posisinya seorang pitcher harus mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Menghadap lurus ke arah pemukul dengan kedua kaki menginjak kaki tempat pitcher (pitcher’s plate).
  2. Posisi bahu sejajar dengan base I dan base III, dengan kedua tangan memegang bola.
  3. Dalam melakukan lemparan, untuk pemain yang tidak kidal, kecepatannya bertumpu pada bola dengan melenturkan pergelangan tangan secara tajam selagi tangan melewati paha kanan di bawah pinggang ketika bola dilepaskan.
  4. Pada lambungan terakhir, tangan berada di bawah pinggang dan pergelangan tangannya tidak terlalu jauh dari badan dibanding sikunya.


Seorang pitcher harus mempunyai lemparan yang cepat agar pemain pemukul lawan tidak mudah memukul bola yang dilempar atau dilambungkan. Oleh karena itu, mempunyai lengan yang panjang, lentur, dan kuat merupakan nilai plus seorang pitcher. Berikut ini tugas-tugas seorang pitcher.
  1. Melempar bola terhadap pemukul/batter.
  2. Membantu tugas pemain yang menempati posisi di belakang home plate.
  3. Menjaga base I ketika penjaga base I (first baseman) mengambil bola.
  4. Membantu menjaga area di belakang base II dan base III, ketika ada lemparan dari outfield.
  5. Membantu penjagaan jika ada lemparan ke arah home plate.
Berikut ini video tentang bagaimana cara melakukan teknik lemparan atau lambungan bola pitcher dalam permainan softball.


Selain memiliki lengan yang lentur dan kuat, pemain yang bertugas sebagai pelambung bola diharuskan untuk menguasai beberapa teknik dasar yang yang berhubungan dengan posisi sebagai pelambung bola. Teknik dasar tersebut yaitu teknik dasar melempar bola dan teknik dasar memegang bola.

Baca juga ini:



Artikel Terkait

0 Response to "Pemain yang Bertugas Sebagai Pelambung Bola"

Post a Comment

Powered by Blogger.