Istilah Teknik Memukul Bola Dengan Ayunan Dalam Permainan Softball

Swing softball [image by www.mainstreetnewssports.com], 
Istilah Teknik Memukul Bola Dengan Ayunan Dalam Permainan Softball ~ Dalam permainan softball yang dimana dimainkan oleh dua tim, dua tim tersebut ada yang mendapat giliran menjaga (defensif) dan tim lainnya mendapat giliran untuk menyerang atau memukul (ofensif). Untuk tim yang mendapat giliran menyerang atau memukul perlu mempunyai pemain yang mempunyai pukulan yang baik.


Sebenarnya selain mempunyai pukulan yang baik, seorang pemain yang akan menjadi pemukul bola juga perlu untuk menguasai beberapa teknik lainnya, seperti teknik berlari dan teknik sliding. Akan tetapi teknik memukul juga sangat perlu untuk dikuasai, pada umumnya terdapat dua teknik memukul yang biasanya digunakan dalam permainan softball.

Salah satunya ialah teknik memukul bola dengan ayunan, biasanya teknik ini diistilahkan dengan teknik pukulan swing. Pukulan swing paling banyak digunakan oleh pemain pemukul dalam permainan softball karena teknik memukul dengan ayunan merupakan yang paling mudah dan jika dapat memukul bola sejauh-jauhnya akan memberikan waktu untuk pemain pemukul lari ke base.


Agar bisa melakukan teknik memukul bola dengan ayunan atau swing, yang harus diperhatikan ialah tingkat konsentrasi kita harus pada tingkatan yang tertinggi karena bola yang dilempar oleh pitcher juga sangat kencang. Setelah itu teknik memegang pemukul bola perlu pas sebab dengan memegang tongkat pemukul secara asal-asalan akan membuat pukulan kita kurang maksimal.

Adapun cara melakukan teknik memukul bola dengan ayunan atau swing dalam permainan softball terbagi menjadi tiga tahap, yaitu:

Tahap Persiapan



  1. Berdiri dengan kaki melangkah dengan berat badan bertumpu pada kedua kaki.
  2. Sikap badan agak condong ke depan, pinggul dan lutut rileks.
  3. Kayu pemukul atau bet dipegang erat dengan ekdua tangan, posisi bahu depan dan belakang sejajar.
  4. Pandangan ke arah pitcher atau pelempar bola.

Tahap pelaksanaan

  1. Ketika bola dilempar oleh pitcher, lakukan perkiraan yang tepat antara mengayun bet dengan arah datangnya bola.
  2. Pada saat bet mengenai bola, lecutkan pergelangan tangan sampai bet tersebut mengenai bola bersamaan dengan tumit kaki belakang terangkat.

Akhir Gerakan



  1. Tumit diangkat dari tanah.
  2. Bbet menyilang depan badan hingga berakhir di bahu kiri.
  3. Pandangan mengikuti arah gerakan bola.
Berikut ini video teknik dasar memukul bola dengan ayunan atau bisasa diistilahkan dengan pukulan swing.

Itulah penjelasan singkat tentang istilah teknik swing, dimana istilah ini digunakan pada teknik memukul bola dengan ayunan dalam permainan softball yang dilakukan oleh pemain dari tim yang mendapat giliran memukul bola. Sekian dulu penjelasan singkat ini semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai olahraga softball.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Istilah Teknik Memukul Bola Dengan Ayunan Dalam Permainan Softball"

Post a Comment