Istilah Teknik Melempar Bola Melintir Dalam Permainan Baseball

Curveball Baseball [image by capitalcitybaseball.wikispaces.com], 
Istilah Teknik Melempar Bola Melintir Dalam Permainan Baseball ~ Baseball atau bisbol merupakan olahraga beregu yang dimainkan oleh dua tim, setiap tim beranggotakan sembilan orang pemain. Olahraga ini dimainkan pada lapangan khusus yang berbentuk persegi terbalik, di dalam lapangan tersebut terdapat tiga buah base yang harus dilalui oleh setiap pemain pemukul untuk mendapatkan angka.


Permainan baseball atau bisbol ini agak mirip dengan olahraga softball, kemiripannya mulai dari lapangan permainan, cara bermain, hingga teknik yang digunakan. Sama halnya pada olahraga softball, dalam permainan baseball terdapat juga seorang pemain yang bertugas sebagai pelempar bola, yaitu pitcher.

Seorang pemain yang bertugas sebagai pelempar bola atau pitcher harus mempunyai kemampuan khusus, khususnya dalam hal melempar bola. Pitcher harus mampu menguasai teknik-teknik melempar bola dalam permainan baseball. Salah satunya ialah teknik Curveball, apa itu teknik curveball?


Curveball merupakan istilah dalam teknik melempar bola melintir dalam permainan baseball. Teknik ini digunakan oleh seorang pelempar bola atau pitcher untuk mengecoh pemain pemukul bola lawan agar tidak mudah untuk memukul bola yang dilempar dengan teknik curveball. Untuk melakukan lemparan dengan bola melintir ini perlu memperhatikan beberapa hal.

Selain mempunyai lemparan yang keras dan kuat, teknik memegang bola untuk menjadikannya melintir saat dilempar juga perlu untuk diketahui. Kira-kira cara memegang bola untuk teknik curveball ini dapat dilihat pada gambar. Adapun cara untuk melakukan teknik melempar bola melintir (curveball) dalam olahraga baseball, yaitu:


  1. Bersiaplah melempar bola. Arahkan pandangan lurus ke sasaran. Kedua tangan di depan dada.
  2. Putarlah tubuh ke kanan. Pada saat bersamaan, angkatlah kaki kiri hingga setinggi lutut. Pandangan tetap ke arah sasaran. Tumpuan berada di kaki kanan. Kedua tangan tetap di depan dada.
  3. Sesaat akan melempar, tariklah tangan kanan ke belakang. Putarlah tubuh ke depan, jatuhkan kaki kiri ke depan.
  4. Lemparkan bola ke arah sasaran, atau sesuai arah yang dikehendaki. Pada saat yang bersamaan, pindahkan tumpuan ke kaki kiri, sehingga tubuh condong ke depan.
  5. Posisi cengkeraman tangan (jari tengah-jempol) saat melempar bola adalah agak miring ke kanan. Bagi pemain kidal, posisi cengkeraman agak miring ke kiri.
  6. Perhatikan arah lemparan bola. Saat dilemparkan, arah bola akan melengkung dari kiri-atas ke kananbawah.
Itulah sedikit penjelasan mengenai curveball, dimana curveball ini merupakan istilah untuk menyebut teknik melempar bola melintir dalam permainan baseball atau bisbol. Semoga penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai olahraga baseball dan softball.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Istilah Teknik Melempar Bola Melintir Dalam Permainan Baseball"

Post a Comment