Istilah Teknik Melempar Bola Cepat Pada Permainan Baseball

Fastball baseball [image by newsela.com], 
Istilah Teknik Melempar Bola Cepat Pada Permainan Baseball ~ Baseball atau bisbol merupakan salah satu olahraga yang permainannya mirip dan bahkan hampir sama dengan olahraga softball, hanya saja salah satu yang menjadi perbedaan dari kedua olahraga pukul dan lempar bola ini ialah baseball biasanya dimainkan oleh laki-laki sedangkan softball biasanya dimainkan oleh wanita. Akan tetapi kadang juga kita melihat permainan softball yang dimainkan oleh pria.


Pada umumnya teknik dasar yang digunakan dalam permainan baseball maupun softball relatif sama, sebab memang kedua olahraga tersebut mengandalkan teknik lempar dan teknik memukul. Salah satu teknik baseball yang paling banyak digunakan ialah teknik melempar, salah satu posisi pemain yang mengandalkan teknik ini ialah pemain pelempar bola atau pitcher.

Seorang pitcher setidaknya selain mempunyai lemparan yang baik dan akurat juga tentunya perlu juga untuk menguasai beberapa teknik dasar melempar untuk pitcher. Pada umumnya terdapat dua teknik melempar bola yang perlu untuk dikuasai oleh seorang pemain yang berposisi sebagai pitcher, yaitu teknik melempar bola melintir atau biasa diistilahkan dengan teknik Curveball.


Satu lagi teknik melempar yang perlu dikuasai oleh seorang pitcher yaitu teknik melempar bola cepat, teknik ini biasa diistilahkan dengan teknik Fastball. Teknik melempar bola cepat (fastball) merupakan salah satu teknik melempar bola yang banyak diminati atau yang paling sering digunakan oleh si pelempar bola, sebab lemparan ini cukup mudah dilakukan.

Teknik ini mengandalkan kekuatan tangan dan lemparan cepat. Adapun cara untuk melakukan teknik melempar bola cepat (fastball) dalam olahraga baseball, yaitu sebagai berikut:
  • Cengkeramlah bola Baseball menggunakan jari tengah dan jempol. Posisi jari tengah berada lurus di atas jempol, sehingga kedua jari tepat melingkar di bagian tengah bola. Letakkan jari telunjuk di sebelah jari tengah untuk menjaga keseimbangan cengkeraman bola.
  • Jangan mencengkeram bola terlalu kuat. Dengan cara ini, kalian dapat melemparkan bola tanpa gesekan yang besar antara jari-jari tangan dengan bola, sehingga bola dapat meluncur dengan cepat.


  • Bersiaplah melempar bola. Arahkan pandangan lurus ke sasaran. Kedua tangan di depan dada.
  • Putarlah tubuh ke kanan. Pada saat bersamaan, angkatlah kaki kiri hingga setinggi lutut. Pandangan tetap ke arah sasaran. Tumpuan berada di kaki kanan. Kedua tangan tetap di depan dada.
  • Sesaat akan melempar, tariklah tangan kanan ke belakang. Putarlah tubuh ke depan, jatuhkan kaki kiri ke depan.
  • Lemparkan bola ke arah sasaran, atau sesuai arah yang dikehendaki. Pada saat yang bersamaan, pindahkan tumpuan ke kaki kiri, sehingga tubuh condong ke depan.
  • Posisi jari tengah-jempol saat melempar bola adalah tegak.
  • Perhatikan arah lemparan bola. Saat dilemparkan, bola akan meluncur lurus dengan arah putaran dari bawah ke atas.
Itulah penjelalsan singkat mengenai teknik fastball, dimana teknik fastball merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut teknik melempar bola cepat dalam permainan baseball. Semoga penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang olahraga baseball dan softball.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Istilah Teknik Melempar Bola Cepat Pada Permainan Baseball"

Post a Comment