Ini Tugas First Baseman Pada Permainan Softball


First baseman softball [image by www.albertleatribune.com], 
Ini Tugas First Baseman Pada Permainan Softball ~ Softball atau biasa juga disebut dengan Sofbol merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim atau regu dimana masing-masing tim beranggotakan sembilan orang pemain. Dalam memainkan permainan ini salah satu tim mendapat giliran sebagai tim penjaga atau bertahan sedangkan tim lainnya sebagai tim pemukul atau penyerang.


Khusus untuk tim yang mendapat giliran sebagai penjaga, pemain-pemain yang ada menempati posisi didalam lapangan berdasarkan keahlian yang dikuasai. Misalnya posisi sebagai pelambung bola atau pitcher, pemain yang berposisi sebagai pitcher mesti mempunyai keahlian khusus yaitu melambungkan atau melempar bola dengan baik sehingga pemain lawan tidak mudah untuk memukul bolanya.

Nah satu lagi posisi yang paling penting dalam tim penjaga ialah posisi sebagai penjaga base, terdapat tiga pemain yang menjaga base dalam permainan softball salah satunya ialah first baseman atau penjaga base pertama.


First Baseman merupakan posisi yang ditempati oleh pemain untuk menjaga base pertama atau satu, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang first baseman yaitu:
  1. Konsentrasi terhadap gerak bola dan merentangkan sarung tangan untuk bersiap-siap menangkap bola.
  2. Ketika bola datang first baseman melangkah maju dengan kaki terdekat. Kaki belakang tetap menempel pada base.
  3. Berusaha menjangkau bola, menangkap, dan menggerakkan kaki dari base secepat mungkin.
  4. Meninggalkan base untuk menangkap bola yang lambat, karena lemparannya yang kurang bagus.


Pemain yang berposisi sebagai first baseman mempunyai tugas utama yaitu menangkap bola yang dilempar maupun yang dipukul ke arahnya sebelum pemain pemukul menyentuh base pertama. Adapun tugas-tugas lainnya dari first baseman antara lain:
  1. Menjaga base I dan menangkap bola yang dipukul atau dilempar ke area tersebut.
  2. Membuat force out (mati terpaksa) pemain lawan. Caranya dengan menyentuh base pertama atau melempar bola pada pemain lain yang menjaga base I. Cara lain adalah dengan melempar bola pada base II.
  3. Menghentikan pemain pada home plate.
  4. Membantu menjaga belakang pada base II.
  5. Melanjutkan lemparan dari lapangan sisi kanan.
Untuk menjadi seorang pemain yang berposisi sebagai penjaga base pertama atau first baseman perlu kiranya untuk menguasai beberapa teknik dasar yang diperlukan dalam menjalankan tugas sebagai first baseman. Teknik dasar yang terpenting dikuasai oleh pemain first baseman ialah teknik menangkap bola, apakah itu teknik menangkap bola atas, bola datar, ataukah bola bawah.


Dalam permainan softball first baseman merupakan pemain kedua yang sebisa mungkin akan mematikan pemain lawan, pastinya yang pertama ialah pemain yang bertugas sebagai pelambung atau pelempar bola. Ketika pitcher gagal melakukan tugas melempar bola maka first baseman akan berusaha untuk mengagalkan pemain lawan.

Baca juga ini:



Artikel Terkait

0 Response to "Ini Tugas First Baseman Pada Permainan Softball"

Post a Comment

Powered by Blogger.