Pemain yang Bertugas Untuk Menjaga Daerah Antara Base 2 dan Base 3

Shortstop softball [image by thelantern.com], 
Pemain yang Bertugas Untuk Menjaga Daerah Antara Base 2 dan Base 3 ~ Olahraga softball merupakan olahraga yang dimainkan dua tim atau regu, dimana masing-masing regu beranggotakan sembilan orang pemain. Pada saat menjadi tim bertahan atau defensif, kesembilan pemain tersebut akan mengambil posisi sesuai dengan kemampuannya dalam lapangan, ada yang berposisi sebagai pelempar, penangkap bola, dan penjaga.


Khusus untuk pemain penjaga, dari sembilan pemain dalam permainan softball tujuh orang merupakan bertugas sebagai penjaga. Pemain penjaga ini pun dibedakan menjadi tiga macam yaitu pemain penjaga untuk lapangan depan, pemain penjaga untuk base, dan pemain penjaga lapangan luar. Ada satu pemain yang bertugas untuk menjaga daerah antara base 2 dan 3.

Pemain tersebut disebut dengan Shortstop, shortstop dalam permainan softball berposisi didepan diantara penjaga base 2 dan base 3. Itulah mengapa selain di istilahkan sebagai shortstop pemain penjaga ini juga disebut dengan pemain penjaga lapangan depan.


Ada beberapa tugas pemain yang berposisi sebagai shortstop, antara lain:
  1. Menjaga bola hasil pukulan yang berada di area kekuasaannya.
  2. Menempati base II ketika melakukan bunting.
  3. Menjaga base II pada permainan ganda.
  4. Melakukan lemparan panjang kepada first baseman.
  5. Melakukan lemparan bawah tangan terhadap bola di atas tanah.
  6. Memberikan shortflip (melempar pendek sambil memutar badan) kepada first baseman atau second baseman pada permainan ganda.
  7. Membantu penjaga base III ketika terjadi “stealing”. Stealing yaitu ada pelari base yang berusaha ke base depan sewaktu pemukul mengayunkan kayu pemukulnya, sebelum bola lepas dari tangan pitcher.
Untuk menjadi pemain yang berposisi sebagai shortstop atau pemain penjaga daerah antara base 2 dan base 3, shortstop harus menguasai beberapa teknik dasar. Teknik dasar yang perlu dan harus untuk dikuasai oleh shortstop antara lain teknik dasar melempar bola dan teknik dasar memukul bola. Teknik melempar bola dalam permainan softball dapat dilakukan dengan dua teknik, yaitu lemparan atas (overhad throw) dan lemparan bawah (underhand toss).


Sedangkan teknik dasar menangkap bola dalam permainan softball dapat dilakukan dengan tiga teknik, yaitu menangkap bola lurus, menangkap bola atas, dan menangkap bola bawah. Adapun cara untuk menangkap bola adalah:
  1. Berdiri, kaki sedikit dibengkokkan ke bawah, glove dihadapkan kearah depan pelempar.
  2. Gerakan badan ke arah datangnya bola.
  3. Tangkap bola dengan glove dan tarik ke arah badan agar bola tidak memantul keluar.
  4. Tangan yang lain kemudian memegang bola dengan cepat dan siap melemparkan bola sasaran yang lain sesudah bola ditangkap.


Itulah penjelasan singkat mengenai shortstop yaitu pemain yang bertugas untuk menjaga daerah antara base 2 dan base 3 dalam permainan softball, semoga infromasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman mengenai orahraga atau permainan softball.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Pemain yang Bertugas Untuk Menjaga Daerah Antara Base 2 dan Base 3"

Post a Comment