Istilah Untuk Pemain Pelempar Bola Dalam Permainan Softball

Pistcher softball [image by archive.northjersey.com], 
Istilah Untuk Pemain Pelempar Bola Dalam Permainan Softball ~ Permainan softball merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim atau regu, dimana dalam permainan terdapat regu yang melakukan penjagaan atau defensif dan tim atau regu lainnya sebagai pemukul atau ofensif. Setiap tim yang mendapat kesempatan sebagai tim pemukul akan berusaha untuk mendapatkan poin dengan cara pemain yang berhasil memukul bola berlari melewati 3 base dan berakhir di base ke 4 atau home plate.


Permainan softball ini pada umumnya menggunakan lapangan khusus untuk memainkannya, bentuk lapangan softball ini hampir sama dengan lapangan baseball sebab kedua olahraga ini cara memainkannya tidak jauh berbeda. Lapangan softball berbentuk seperti berlian atau diamond dengan ukuran-ukuran yang telah ditentukan.

Menurut peraturan yang telah ditentukan, setiap tim terdiri dari 9 pemain dan sisanya jika ada sebagai pemain cadangan. Pada tim atau regu yang mendapat giliran menjaga atau defensif, posisi atau keahlian pemain sangat diperlukan agar tim pemukul sulit mendapatkan poin atau run. Maka dari itu setiap pemain yang ditempatkan pada posisinya harus mempunyai keahlian dalam posisi tersebut.


Terdapat satu posisi pemain yang harus ditempati oleh pemain yang mempunyai keahlian khusus untuk menempatinya, sebab posisi ini memerlukan penguasaan teknik melempar yang cepat dan sulit untuk di baca oleh lawan lemparannya. Pemain tersebut ialah pelempar bola atau biasa juga diistilahkan sebagai Pitcher.

Dalam lapangan softball, seorang pitcher mempunyai wilayah tersendiri dalam melakukan lemparan, wilayah khusus tersebut disebut dengan zona strike. Untuk melakukan lemparan yang baik dan tanpa dipukul oleh pemain pemukul lawan, seorang pitcher perlu untuk memperhatikan posisi badan serta teknik melempar sebelum melempar bola. Berikut ini cara melakukan lemparan pitcher:
  • Berdiri sikap melangkah, kedua kaki lurus, dan pandangan tertuju kepada pemukul.
  • Bola dipegang didepan badan.


  • Tangan pemegang bola (kanan) putar kebelakang dan ke atas mengarah kedepan.
  • Lepaskan bola setelah tangan kanan berada disampng badan ketinggian bola setinggi pinggang.
  • Akhir gerakan, kaki kanan didepan dan berat badan dibawa ke depan pandangan tertuju ke arah gerakan bola.
Pada saat melempar, pitcher akan berusaha membuat bola strike, supaya batter kesulitan memukul bola, walaupun bola berada di zona pukulnya. Tantangan seorang pitcher adalah melempar dengan kecepatan tinggi dan dengan sasaran yang tepat.

Jika bola berada pada zona strike tetapi tidak terpukul oleh batter, maka umpire akan berteriak “strike”. Namun, bila bola keluar dari zona strike, namun batter tidak mencoba memukul bola maka umpire akan berteriak “ball”.


Berikut video tentang cara melakukan teknik melempar bola pitcher dalam permainan softball.


Itulah sedikit penjelasan mengenai sebutan atau istilah untuk pemain pelempar atau pelambung bola dalam permainan softball yaitu Pitcher. Pemain yang bebrtugas sebagai pitcher merupakan salah satu pemain yang diandalkan oleh tim yang mendapat giliran sebagai penjaga. Semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan pengetahuan kita mengenai olahraga softball.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Istilah Untuk Pemain Pelempar Bola Dalam Permainan Softball"

Post a Comment