Istilah Pemain Penangkap Bola Dalam Permainan Softball

Catcher Softball [image by www.ripit.com], 
Istilah Pemain Penangkap Bola Dalam Permainan Softball ~ Softball merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim atau regu yaitu regu berjaga atau bertahan (defensif) dan regu menyerang atau memukul (ofensif). Cara mainnya yaitu setiap pemain pada setiap regu yang mempunyai giliran memukul atau ofensif mengumpulkan angka dengan melewati tiga base hingga menyentuh base akhir yang disebut home plate, dengan terlebih dahulu melakukan pukulan bola.


Pada permainan softball, jumlah pemain yang ada disetiap permainannya yaitu 9 orang pemain, jika mendapat giliran ke-9 pemain tersebut mempunyai posisi yang berbeda sesuai dengan keahlian pemain tersebut. Posisi pemain softball dalam lapangan yaitu (1) Picher, (2) Catcher, (3) First baseman, (4) Second baseman, (5) Third baseman, (6) Short Stop, (7) Right fielder, (8) Center fielder, dan (9) Left fielder.

Ada satu pemain yang mempunyai posisi dan penampilan yang berbeda dari pemain-pemain lainnya, pemain yang posisinya jongkok dibelakang pemain lawan yang akan memukul bola. Pemain ini diistilahkan atau dinamakan dengan sebutan Catcher, sebab tugas utamanya yaitu menangkap bola yang lolos atau tidak dapat dipukul oleh pemain pemukul lawan.


Selain tugas utamanya menangkap bola yang tidak dapat dipukul oleh pemain lawan, seorang pemain yang berposisi sebagai catcher juga terkadang bisa berperan sebagai pengatur strategi yang baik, sebab catcher dapat melihat seluruh situasi yang terjadi di depannya.

Dalam setiap pertandingan softball, seorang pemain yang berposisi sebagai catcher atau penangkap bola menggunakan kostum atau perlengkapan yang banyak. Perlengkapan yang biasanya digunakan oleh catcher antara lain helm, catcher mask untuk melindungi kepala dan muka, body protector untuk melindungi daerah badan, dan legguard untuk melindungi daerah lutut ke bawah. Tidak lupa juga untuk memakai glove atau sarung tangan agar mudah dalam menangkap bola.


Pemain yang bertugas sebagai catcher sangat perlu untuk menguasai teknik-teknik khususnya teknik dalam menangkap bola. Selain penjaga base dan penjaga lapangan luar, catcher juga perlu untuk menguasai teknik menangkap bola dan pastinya teknik ini berbeda dengan teknik menangkap bola pada pemain penjaga.

Berikut ini teknik cara menangkap bola pemain berposisi sebagai catcher:
  1. Posisi awal jongkok.
  2. Tangan kiri memakai glove khusus catcher, dengan posisi tangan menghadap ke depan menyongsong gerakan bola yang dilempar pitcher.
  3. Tangan yang lain membungkus agar bola tidak lepas.


Berikut ini video yang memperlihatkan bagaimana seorang catcher melakukan teknik dasar menangkap bola yang dilambungkan oleh pitcher dalam permainan softball, selamat menyaksikan.


Itulah penjelasan singkat mengenai catcher, sekarang kita tahu bahwa istilah untuk menyebut pemain yang bertugas untuk menangkap bola yang tidak bisa dipukul oleh pemain lawan dalam permainan softball disebut dengan Catcher, semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai olahraga atau permainan softball.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Istilah Pemain Penangkap Bola Dalam Permainan Softball"

Post a Comment