Peraturan Pertandingan Softball PON XIX 2016

Softball PON XIX, 
Peraturan Pertandingan Softball PON XIX 2016 ~ Pekan Olahraga Nasional atau PON merupakan pesta olahraga terbesar di Indonesia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali dan diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia, PON pertama kali diselenggarakan pada tahun 1948 pada waktu itu yang menjadi tuan rumah ialah Solo provinsi Jawa Tengah.


Pada tahun ini PON telah mencapai penyelenggaraannya yang ke 19, pada PON XIX kali ini yang bertindak sebagai tuan rumah ialah Bandung, Provinsi Jawa Barat. Sebanyak 44 cabang olahraga akan dipertandingkan selama 2 pekan yaitu pada tanggal 17 September - 29 September 2016. Salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan ialah Softball.

Seperti pada pertandingan softball dalam PON sebelumnya, pertandingan softball pada PON XIX 2016 kali ini mempunyai beberapa peraturan pertandingan yang harus diikuti atau ditaati oleh semua peserta cabang olahraga softball. Apa saja pertauran pertandingan softball PON XIX 2016 kali ini, berikut akan dipaparkan pertauran pertandingan yang dikutip dari Buku Peraturan Teknis Pertandingan cabang olahraga Softball PON XIX 2016.


Peraturan permainan yang dipergunakan dalam pertandingan softball PON XIX adalah International Softball Federationtahun 2014 – 2017. Setiap Tim (Softball) terdiri dari paling banyak 15(limabelas) orang pemain , Jumlah Official ditetapkan 3 orang dan 1 orang mekanik

1. Penentuan Ranking.
Penentuan Urutan “ranking” tim peserta setelah babak pendahuluan adalah :
  • Tim yang menang mendapat nilai 1 (satu) dan tim yang kalah mendapat nilai 0 (nol)
  • Tim yang dengan sengaja memberikan kemenangan (forfeited) kepada lawannya atau mengalah secara tidak wajar hasil pemantauan Jurry Of Appeal , maka tim tersebut dapat di diskualifikasi dari seluruh pertandingan.
2. Cara menghitung nilai kemenangan.


Untuk menentukan urutan / rangking dengan menghitung nilai kemenangan dapat dilakukan dengan cara sbb :
  • beberapa kali menang dibagi jumlah beberapa kali main dikalikan 1000. Contoh : Tim A main 5 kali, menang 3 kali dan kalah 2 kali, cara menghitung nilai adalah Jumlah Menang 3 / Jumlah Main 5 X 1000 = 600 (nilai)
  • Apabila terdapat 2 (dua) tim atau lebih yang mempunyai nilai kemenangan sama maka untuk menentukan tim mana yang menduduki urutan lebih tinggi akan dilihat dari pertandingan yang sudah dilaksanakan sebelumnya (head to head ). Apabila masih tetap sama, maka dilihat dari prosentase Run diantara Team tersebut.
  • Prosentase Run : Run Memasukan/Run Kemasukan X 100 %
Babak kualifikasi PON XIX [image by myjawabarathariini.blogspot.com], 
3. Pertandingan dinyatakan Sah.
Semua pertandingan dinyatakan sah jika sudah berlangsung 7 (tujuh) inning walaupun demikian Umpire dapat menghentikan pertandingan dan dinyatakan sah apabila :
  • Ketentuan Mercy Rules berlaku apabila terdapat selisih Run 15 atau lebih pada inning ke 3 atau lebih, selisih Run 10 atau lebih apabila telah menyelesaikan inning 4dan terdapat selisih dan selisih Runs 7 setelah innings ke 5 ,
  • Apabila setelah menyelesaikan Innings ke 5 pertandingan dihentikan karena gangguan cuaca (hujan,gelap) atau terjadi kekacauan dan salah satu tim sudah mempunyai “runs” lebih banyak dari lawannya dan Setelah menunggu 30 menit (tiga puluh) pertandingan tidak dapat dilanjutkan, maka pertandingan yang terhenti tersebut hasilnya dinyatakan sah.
  • Pertandingan yang terhenti karena gangguan cuaca dan sebab lainnya dan belum berlangsung 5 inning atau terjadi kedudukan sama (tie) pada inning 5 atau lebih, maka pertandingan tersebut tidak akan diulang dari awal (inning 1) akan tetapi dilanjutkan pada kedudukan ketika pertandingan tersebut dihentikan. Pergantian pemain diperbolehkan dan harus dilaporkan kepada Plate Umpire yang memimpin pertandingan.
4. Tie Break


Apabila pertandingan sudah berlangsung 7 innings penuh dan hasil pertandingan masih sama (tie), maka pertandingan akan dilanjutkan dengan mengunakan peraturan “tie breaker” yaitu dengan menempatkan seorang pelari di Base II, Pemain yang ditempatkan di Base II adalah Batter terakhir yang telah menyelesaikan giliran memukul pada saat “out” ke 3 pada inning sebelumnya.

5) Penentuan HomeTeam&Dug Out.
  • Babak Pendahuluan.
  • Penentuan Home Team ditentukan dengan undian (toss) pada saat technical meeting oleh Umpire in Chief.
  • Babak Page Sistem dan Grand Final.
  • Pada Pertandingan Babak Page Sistem dan grand final, penentuan HomeTeam dan VisitingTeam dilakukan dilapangan pertandingan, 30 (tiga puluh) menit sebelum pertandingan dimulai, oleh Umpire in Chief.
  • Tim yang dalam undian dinyatakan / memilih Home Team berhak menempati Dug Out didekat base III, sedangkan Visitor Team akan menduduki Dug Out dekat base I.
6. Laporan Kedatangan Tim.


Tim yang akan bermain menurut jadwal yang telah ditentukan wajib melaporkan kedatangannya kepada Umpire in chief :
  • Paling lambat 30 (tiga puluh) menit sebelum pertandingan dimulai.
  • 20 (dua puluh) menit sebelum pertandingan dimulai manager wajib menyerahkan daftar pemainnya (batting order) kepada Umpire in chief.
  • 15 (lima belas) menit sebelum pertandingan dimulai HomeTeam diberi kesempatan pertama untuk mencoba lapangan selama 5 (lima) menit dan setelah itu VisitingTeam diberi kesempatan yang sama, juga selama 5 (lima) menit. Kesempatan mencoba lapangan hanya diberikan pada pertandingan pertama dari tiap Team disetiap lapangan.
  • 5 (lima) menit sebelum pertandingan dimulai dilakukan persiapan akhir dan kedua Team segera masuk lapangan untuk “line up”/ penjelasan & pemeriksaan akhir oleh wasit.
  • Batas maksimum kedatangan Team adalah 30 ( tiga puluh) menit dari jadwal pertandingan , Team yang terlambat datang kelapangan setelah batas waktu yang ditetapkan telah terlampaui maka Team tersebut akan dikenakan sanksi Forfeited.
  • Tidak diperkenankan melakukan warming up didalam lapangan pertandingan.
7. Tata Tertib & Peringatan


  • Kecuali pemain, pelatih dan official tim yang bertanding, siapapun tidak diperkenankan memasuki lapangan dan Dug Out tanpa ijin dari Umpire in chief.
  • Siapapun dilarang merokok dalam Dug Out.
  • Apabila ada yang melanggar dari ketentuan tersebut diatas dapat berakibat pelanggar dikeluarkan dari lapangan.
Itulah peraturan pertandingan cabang olahraga softball PON XIX 2016, rencananya cabang olahraga softball akan memulai pertandingan pada tanggal 20 - 28 September 2016. Sementara itu tempat pertandingan akan diselenggarakan pada 2 tempat yaitu Stadion Softball UPI Bandung untuk pertandingan softball putri sedangkan untuk pertandingan softball putra akan diselenggrakan di Stadion Softball Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Peraturan Pertandingan Softball PON XIX 2016"

Post a Comment