Teknik Dasar Olahraga Kasti

Teknik Olahraga Kasti [image by nanpunya.wordpress.com], 
Teknik Dasar Olahraga Kasti ~ Olahraga kasti bisa dibilang sebagai olahraga masyarakat Indonesia, olahraga ini sering dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Pada umumnya olahraga kasti ini mirip dengan olahraga yang sejenis lainnya yaitu baseball, softball, dan rounders, akan tetapi olahraga yang hampir mirip dengan kasti ialah olahraga rounders.


Karena olahraga ini merpakan adaptasi dari olahraga rounders yang diperkenalkan oleh Inggris saat menjajah Indonensia sekitar tahun 1800an maka teknik-teknik dasar bermain pada olahraga kasti sama dengan teknik dasar yang ada pada olahraga rounders. Beberapa teknik dasar yang digunakan pada olahraga kasti diantaranya ialah memukul, melempar, mengoper, menangkap dan berlari.

Pada olahraga kasti salah satu teknik yang harus dikuasai oleh pemain ialah memukul bola, bola harus dipukul sejauh mungkin dari jangkauan lawan atau tim yang menjaga. Setelah memukul bola sejauh-jauhnya, disinilah teknik dasar selanjutnya yang bekerja yaitu lari lah sekencang-kencangnya menuju pos pemberhentian pertama.


Jika ada kesempatan untuk berlari ke pos 2 silahkan lari, tapi jika tidak ada jangan coba-coba sebab jika kita mengenai bola yang dilempar oleh lawan diluar pos maka akan terjadi pergantian posisi tim. Teknik dasar selanjutnya ialah melempar atau melambung, teknik ini perlu sangat dikuasai oleh pemain yang akan melambungkan bola ke pemukul dan pemain yang melempar pemain lawan untuk mematikannya.

Teknik dasar yang berikutnya ialah menangkap dan mengoper, bola yang didapat oleh pemain penjaga setelah di pukul leh pemain pemukul bisa di lempar langsung ke pemain pemukul tadi yang berlari di pos jika memungkinkan, dan jika tidak memungkinkan untuk melempar langsung, pemain dapat mengopernya ke temannya yang posisinya memungkinkan tadi.


Itulah sedikit informasi mengenai teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain olahraga kasti, semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Jika ada diantara teman-teman yang ingin menambahkan tentang informasi diatas maka dipersilahkan untuk menuliskannya pada kotak komentar yang tersedia dibawah ini.

Related Posts:

0 Response to "Teknik Dasar Olahraga Kasti"

Post a Comment