Pukulan yang Dilakukan Tanpa Menggunakan Ayunan Lengan Dalam Permainan Softball

Pukulan bunt [image by wiganurlatifa.blogspot.com], 
Pukulan yang Dilakukan Tanpa Menggunakan Ayunan Lengan Dalam Softball ~ Teknik dasar pukulan emrupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain softball, tujuan melakukan pukulan ialah untuk memukul bola sejauh-jauhnya agar susah ditangkap oleh pemain lawan atau pemain penjaga. Akan tetapi ada salah satu cara memukul bola yang dilakukan untuk tujuan mengecoh lawan agar sulit menangkap bola tanpa memukulnya sejauh mungkin.


Cara pukulan tersebut disebut dengan pukulan bunting, pukulan bunting atau bunt adalah Suatu pukulan yang dilakukan dengan menggerakkan pemukul ke arah bola ke depan, atau pukulan yang dilakukan dengan kayu pemukul yang diam (tidak diayunkan) dengan maksud agar bola jatuh dekat home-base.

Pada umumnya dalam softball dikenal dua cara memukul bola yaitu memukul bola dengan cara swing dan memukul bola dengan cara bunt atau bunting. Memukul bola dengan cara bunt atau bunting dilakukan tanpa menggunakan ayunan atau tidak banyak menggunakan banyak tenaga dalam melakukan pukulan.


Sebab pukulan ini hanya menempatkan bola didekat pemukul sehingga pemain penjaga akan kesulitan untuk mendapatkan bola tersebut, sementara pemain penjaga berlari untuk mendapatkan bola, pemukul tadi dengan cepat berlari menuju base atau tempat pemberhentian. Adapun cara melakukan teknik memukul bola dengan cara bunting ini adalah:

1. Sikap persiapan untuk melakukan pukulan bunting
  • Berdiri dengan sikap kaki melangkah.
  • Bberat badan bebrtumpu pada kedua kaki.
  • Sikap badan agak condong ke depan, pinggul dan lutut rileks.
  • Kayu pemukul atau bet dipegang erat dengan kedua tangan diatas belakang bahu.
  • Pandangan ke arah pelempar atau pitcher.
2. Tahap pelaksanaan untuk melakukan pukulan bunting


  • Pada saat pelempar bola atau pitcher melempar bola, langkahkan atau gerakkan salah satu kaki ke depan ke arah pelempar bola atau pitcher.
  • Kedua tangan memegang bet di depan badan.
  • Bola dipukul dengan cara siku dibengkokkan, sedangkan kedua lengan dimanfaatkan untuk membantu pemukul dalam memantulkan bola.
3. Akhir gerakan untuk melakukan pukulan bunting
  • Kedua kaki berdiri terbuka selebar bahu, kedua lutut direndahkan.
  • Badan agak condong ke depan.
  • Pandangan mengikuti arah gerakan bola.


Untuk lebih jelasnya mengenai cara melakukan pukulan bunt atau pukulan tanpa menggunakan ayunan lengan, silahkan teman-teman menyaksikan videonya dibawah ini.

Demikian penjelasan singkat pertanyaan pukulan yang dilakukan tanpa menggunakan ayunan lengan, dan jawabannya ialah pukulan bunt, atau bunting atau pukulan tumbuk. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan teman-teman mengenai olahraga softball serta dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Pukulan yang Dilakukan Tanpa Menggunakan Ayunan Lengan Dalam Permainan Softball"

Post a Comment