Pengertian Base Dalam Permainan Softball

Base softball [image by quotesgram.com], 
Pengertian Base Dalam Olahraga Softball ~ Softball dimainkan pada lapangan khusus, pada lapangan softball tersebut terdapat disetiap sudutnya terdapat semacam tempat pemberhentian untuk pemain setelah melakukan pukulan. Tempat pemberhentian tersebut dinamakan base. Apa pengertian base dalam olahraga softball? (Baca : Lapangan Softball Beserta Keterangannya)


Dalam olahraga softball Base dapat diartikan sebagai Tempat hinggap pelari pada pertandingan softball, atau Tempat hinggap pemain softball yang terdapat di tiap pojok lapangan, atau bisa juga sebagai Marka yang dijadikan sebagai tempat hinggap pemain. (Baca : Istilah yang Terdapat Dalam Permainan Softball)

Pada olahraga softball terdapat tiga tempat pemberhentian pemain atau base, yaitu base satu, base dua, dan base tiga. Disetiap base tersebut terdapat penjaga base yang disebut dengan baseman. Baseman ini bertugas untuk menjaga base dengan cara menerima bola dari teman sebelum pemain lawan menginjak base. (Baca : Tugas Penjaga Base I (First Baseman), II (Second Baseman) dan III (Third Baseman))


Setiap pemain softball yang selesai memukul harus berlari sekuat tenaga menuju ke base satu, kemudian dia bersiap untuk berlari ke base kedua setelah pemain pemukul selanjutnya berhasil memukul bola dan begitu seterusnya. Ada dua teknik dasar olahraga softball yang perlu dikuasai saat akan menuju ke base, yaitu teknik berlari dan teknik sliding. (Baca : Teknik Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Tim Penyerang (Pemukul) Dalam Permainan Softball)

Sementara itu, untuk pemain penjaga base harus menguasai teknik dasar melempar dan menangkap bola. Sebab penjaga ini akan menerima lemparan bola dari pemain penjaga outfilder atau melakukan operan ke teman lainnya dengan cara melempar. (Baca : Teknik Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Tim Bertahan (Penjaga) Dalam Permainan Softball)

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Base Dalam Permainan Softball"

Post a Comment