Penemu atau Pencipta Permainan Softball


Softball tempo dulu [image by culture20s30s.wikispaces.com], 
Penemu atau Pencipta Olahraga Softball ~ Olahraga sofball lahir di Amerika Serikat, yang ditemukan di Gedung Olahraga Farragut Boat Club Chicago, Illinois pada 16 September 1887 secara tidak sengaja oleh George Hancock. Awalnya terdapat beberapa alumni Universitas Yale dan Harvard sedang mendengarkan hasil akhir pertandingan sepakbola Amerika antar Yale dan Harvard di klub Farragut Boat.


Setelah skor akhir diumumkan, yaitu kemenangan Yale, seorang alumnus Yale dengan antusias melempar sebuah sarung tinju ke pendukung Harvard. Seseorang dengan reflek mengambil sebuah tongkat dan memukul ke arah sarung tinju itu. Melihat hal itu memberikan sebuah ide seorang reporter Chicago Board of Trade, George Hancock. Dia menyarankan untuk membuat sebuah pertandingan di dalam ruangan dengan bola yang dibuat dari sarung tinju yang dilempar tadi.

Dia mengambil sarung tinju itu dan mengikatnya dengan erat memakai sebuah tali, supaya menyerupai bola. Kemudian dengan beberapa buah kapur, Hancock menandai lantai Farragut Boat menyerupai lapangan bisball. Sebagai pemukul digunakanlah sebuah sapu.


Tim dibagi menjadi dua dan Hancock meneriakkan kata-kata “Play ball”, maka dimulailah pertandingan itu dengan skor akhir 44-40. Semenjak itu olahraga baseball versi dalam ruangan dikenal. Dinamakan indoor baseball. Karena bentuk bola yang berubah-ubah. Nama softball sebelumnya menyesuaikan material yang digunakan untuk membuat bolanya, jadilah nama-nama yang digunakan waktu itu yaitu kitten ball, army ball, mush ball, dan juga indoor-outdoor, recreation ball, dan playground ball.

Sumber pustaka : Roji dan Eva Yulianti. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: buku siswa Untuk SMP/MTs Kelas VIII semester 1/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -- Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.




Artikel Terkait

0 Response to "Penemu atau Pencipta Permainan Softball"

Post a Comment

Powered by Blogger.