Bentuk dan Fungsi Pitcher Plate

Pitcher plate [image by www.stack.com], 
Bentuk dan Fungsi Pitcher Plate ~ Dalam pemain yang bertugas untuk melempar atau melambung bola disebut dengan Pitcher, pitcher merupakan pemain yang bertugas sebagai pelambung atau pelempar bola yang akan dipukul oleh pemain lawan. Posisi seorang pitcher terletak ditengah lapangan dalam atau infield, tepatnya di area khusus pitcher yang diistilahkan dengan Pitcher Plate.


Pitcher plate berbentuk segi panjang atau balog dengan ukuran 60x15 meter, sementara itu wilayah khusus untuk pelempar atau pelambung bola disebut dengan zona strike (strike zone), yaitu di atas home plate dengan ukuran diameter 5.47 m. Pitcher plate ini terbuat dari karet, kayu, atau beton yang ditanam serata dengan tanah.

Adapun fungsi dari pitcher plate itu sendiri ialah sebagai tempat atau posisi awal seorang pitcher dalam melakukan lemparan atau lambungan bola ke arah pemain pemukul lawan.
Adapun cara seorang pitcher dalam melempar atau melambungkan bola ialah:
  • Posisi awal : berdiri diatas pitcher plate dengan sikap melangkah dan kedua kaki lurus tetap kontak dengan tanah, pandangan tertuju kepada pemukul, bola dipegang di depan badan,


  • Gerakan : tangan yang memegang bola (kanan) putar ke atas ke belakang dan mengarah ke depan, pada saat tangan berada di belakang, kaki kiri melangkah ke depan, setelah tangan kanan berada di samping badan lepaskan bola, ketinggian bola kurang lebih di atas lutut setinggi pinggang,
  • Akhir gerakan : kaki kanan di depan, sementara kaki kiri tetap menginjang pitcher plate, berat badan dibawa ke depan, pandangan tertuju ke arah bola, arah bola lurus dan ketinggian bola di atas lutut.
Itulah penjelasan singkat mengenai bentuk dan fungsi pitcher plate, semoga informasi yang kami berikan dapat menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman mengenai olahraga softball. Ikuti terus informasi informasi menarik lainnya tentang softball di blog Softball Tutorial ini.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Bentuk dan Fungsi Pitcher Plate"

Post a Comment