Pengertian Pukulan Swing Dalam Permainan Softball

Teknik pukulan swing [image by daily-reni.blogspot.com], 
Pengertian Swing Dalam Softball ~ Salah satu teknik yang paling penting dalam softball adalah memukul bola, tujuan dari memukul bola dalam olahraga softball adalah untuk memukul bola sekuat-kuatnya hinga bola tersebut jatuh di lapangan terjauh hingga sulit untuk ditangkap oleh tim penjaga atau bertahan. Akan tetapi kadang kita juga perlu memukul bola pelan untuk mengecoh lawan.


Pada umumnya terdapat dua teknik cara memukul dalam softball yaitu Pukulan Ayunan (Swing) dan Pukulan menahan bola (Bunt), pukulan swing paling banyak dilakukan oleh pemain softball. Pukulan Swing atau ayunan adalah pukulan yang dilakukan dengan menggerakkan alat pemukul kearah bola ke depan.

Perbedaan yang paling kelihatan dari kedua cara teknik memukul tersebut adalah intensitas tenaga yang digunakan, pukulan swing dilakukan dengan memukul bola sekeras-kerasnya dengan cara mengayun sehingga bola jatuh jauh dipinggir bahkan diluar lapangan. Sementara itu pukulan bunting dilakukan dengan memukul bola dengan sangat pelan asalkan bola terkena dengan pemukul sehingga bola tersebut jatuh dekat home base.


Adapun cara melakukan pukulan swing atau ayunan dalam olahraga softball dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap gerakan. Berikut ini cara dari ketiga tahap tersebut.

Tahap persiapan
  1. Berdiri dengan kaki melangkah dengan berat badan bertumpu pada kedua kaki.
  2. Sikap badan agak condong ke depan, pinggul dan lutut rileks.
  3. Kayu pemukul (bet) dipegang erat dengan kedua tangan, posisi bahu depan dan belakang sejajar.
  4. Pandangan ke arah pitcher (pelempar bola).
Tahap pelaksanaan


  1. Ketika bola dilempar pitcher, lakukan perkiraan yang tepat antara mengayun bet dengan arah datangnya bola.
  2. Pada saat bet mengenai bola, lecutkan pergelangan tangan sampai bet tersebut mengenai bola bersamaan dengan tumit kaki belakang terangkat.
Akhir gerakan
  1. Tumit diangkat dari tanah.
  2. Bet menyilang depan badan hingga berakhir di bahu kiri.
  3. Pandangan mengikuti arah gerakan bola.


Itulah Penjelasan singkat mengenai pengertian swing dalam softball, semoga penjelasan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian dan juga dapat menjawab pertanyaan teman-teman mengenai teknik pukulan swing atau pukulan ayunan tersebut.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Pukulan Swing Dalam Permainan Softball"

Post a Comment