Pengertian Pukulan Bunt Dalam Permainan Softball

Pukulan bunt [image by www.grandstrandsportsreport.com], 
Pengertian Bunt Dalam Softball ~ Secara umum teknik memukul dalam softball terbagi menjadi dua macam cara, yaitu teknik memukul dengan cara swing dan teknik memukul dengan cara bunt. Pada postingan terdahulu kita telah menyinggung tentang pukulan swing, dimana pukulan swing dilakukan dengan memukul bola sekencang dan sekuat-kuatnya.


Berbeda dengan memukul dengan cara swing, memukul dengan cara bunt tidak harus melakukannya dengan sekuat tenaga sebab teknik bunt ini hanya menyentuh bola tanpa mengayun tongkat. Secara umum pengertian bunt adalah Suatu pukulan yang dilakukan dengan menggerakkan pemukul ke arah bola ke depan. | Pukulan dilakukan dengan kayu pemukul yang diam (tidak diayunkan) dengan maksud agar bola jatuh dekat home-base.

Pukulan menahan bola atau bunt dilakukan dengan tujuan untuk mengecoh penjaga yang mengira bola akan dipukul jauh akan tetapi bola dipukul pelan sehingga pemain penjaga kesulitan untuk mengambil bola dan pemukul atau batter dengan leluasa berlari ke base 1.


Adapun cara untuk melakukan pukulan bunt atau pukulan menahan bola dapat dilakukan dengan tiga tahap, yaitu :

Tahap persiapan:
  1. Berdiri dengan sikap kaki melangkah
  2. Berat badan bertumpu pada kedua kaki.
  3. Sikap badan agak condong ke depan, pinggul dan lutut rileks.
  4. Kayu pemukul (bet) dipegang erat dengan kedua tangan di atas belakang bahu.
  5. Pandangan ke arah pelempar bola (pitcher).
Tahap pelaksanaan:


  1. Pada saat pelempar bola (pitcher) melemparkan bola, langkahkan (gerakkan) salah satu kaki ke depan ke arah pelempar bola (pitcher).
  2. Posisi salah satu tangah memegang bagian tengah kayu pemukul dan pegang pemukul di depan badan.
  3. Bola lalu dipukul dengan cara siku dibengkokkan, sedangkan kedua lengan dimanfaatkan untuk membantu pemukul dalam memantulkan bola.
Akhir gerakan:
  1. Kedua kaki berdiri terbuka selebar bahu, kedua lutut direndahkan.
  2. Badan agak condong ke depan.
  3. Pandangan mengikuti arah gerakan bola.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian bunt dalam softball, intinya ialah melakukan pukulan ini jangan keras-keras sebab pukulan ini hanya bertujuan menyentuh bola dengan pemukul sehingga bola jatuhnya tidak jauh. Semoga dapat bermanfaat.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Pukulan Bunt Dalam Permainan Softball"

Post a Comment