Pengertian Catcher Dalam Permainan Softball

Catcher softball [image by frenscorsmapat.wordpress.com], 
Pengertian Catcher Dalam Softball ~ Catcher adalah pemain bertahan yang bertugas menangkap bola di belakang batter, Posisi catcher berjongkok di depan wasit kepala dan di belakang pemain yang mendapat giliran memukul (batter). Catcher dilengkapi dengan perlengkapan pengaman dan bertugas menangkap lemparan pitcher.


Perlengkapan yang harus digunakan oleh seorang catcher antara lain helm, catcher mask untuk melindungi kepala dan muka, body protector untuk melindungi daerah badan, dan legguard untuk melindungi daerah lutut ke bawah. Tidak lupa juga untuk memakai glove atau sarung tangan agar mudah dalam menangkap bola.

Terdapat beberapa kriteria jika ingin menjadi catcher, kriteria tersebut antara lain Memiliki daya refleksi yang baik dan memiliki kemampuan melempar bola secara tepat ke setiap base yang dituju; Memiliki kecepatan dan kesigapan menanggapi setiap peluang yang diperoleh timnya; dan Mengetahui karakter dan tipe bermain pitcher-nya, sehingga catcher dapat mengarahkan pitcher dalam mengambil suatu tindakan.


Sedangkan tanggung jawab seorang catcher antara lain menangkap setiap lambungan bola yang dilakukan pitcher, mengarahkan permainan defensif dan strategi yang digunakan oleh keseluruhan anggota tim, mengetahui kelemahan pemukul dan menerapkan strategi yang tepat untuk memanfaatkannya, dan menangkap bola yang dipukul dan melambung/ menggelinding di dekat posisinya.

Seorang catcher harus menguasai teknik dasar menangkap bola, teknik ini harus dikuasai agar mudah dalam menangkap bola dari picher. Teknik menangkap bola harus dikuasai oleh semua pemain penjaga termasuk catcher, berikut ini cara catcher dalam menangkap bola.


  1. Posisi awal jongkok.
  2. Tangan kiri memakai glove khusus catcher, dengan posisi tangan menghadap ke depan menyongsong gerakan bola yang dilempar pitcher.
  3. Tangan yang lain membungkus agar bola tidak lepas.
Berikut ini video yang memperlihatkan bagaimana seorang catcher dalam melakukan teknik dasar menangkap bola untuk catcher, selamat menyaksikan.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian catcher dalam softball, semoga penjelasan tersebut dapat menambah wawasan kita mengenai olahraga softball khususnya pemain yang berposisi sebagai catcher, serta dapat juga menjawab pertanyaan teman-teman tentang pengertian catcher.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Catcher Dalam Permainan Softball"

Post a Comment