Pengertian Batter Dalam Permainan Softball

Batter softball [image by raabandporter.com], 
Pengertian Batter Dalam Softball ~ Softball merupakan olahraga yang dimainkan dengan banyak orang, sama halnya dengan olahraga tim lainnya, softball memerlukan kekompakan serta kerja sama antara pemain satu dengan pemain lainnya. Dalam olahraga softball terdapat beberapa posisi yang ditempati oleh pemain, posisi tersebut disesuaikan dengan keahliannya.


Ada satu posisi yang semua pemain harus menempatinya, yaitu batter atau pemukul. Setiap pemain tim penyerang harus menjadi batter atau pemukul sesuai dengan gilirannya. Jadi, apa sebenarnya batter ini? Pada umumnya Batter merupakan pemain yang mendapat giliran memukul bola dalam olahraga softball.

Untuk lebih maksimal dalam melakukan pukulan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika bertugas sebagai batter atau pemukul bola, yaitu Teknik memegang alat pemukul (grip), Cara berdiri (stand), Cara menggeserkan kaki depan (stride), Cara mengayunkan stik (swing), dan Gerak lanjut (follow through).


Seorang pemain yang ditugaskan sebagai batter perlu menguasai teknik dasar memukul, setidaknya terdapat dua macam teknik pukulan yang harus dipelajari, yaitu Pukulan Ayunan (Swing) dan Pukulan menahan bola (Bunt). Pukulan ayunan (swing) dilakukan dengan menggerakkan alat pemukul kearah bola ke depan. Ada tiga fase dalam gerakan mengayunkan stick, yaitu melangkah, putaran lengan, dan gerak lanjutan.

Pukulan menahan bola (bunt) adalah suatu pukulan yang dilakukan tanpa mengayunkan lengan dan bola hanya disentuh perlahan. Tujuannya untuk mengecoh regu penjaga. Dengan pukulan tersebut regu penjaga harus berlari agak jauh untuk dapat menguasai bola.


Itulah penjelasan singkat mengani pengertian batter dalam softball, semoga penjelasan tersebut dapat menjawab pertanyaan teman-teman mengenai batter atau pemukul dalam softball. Inti agar supaya sukses dalam melakukan pukulan ialah konsentrasi dan menguasai tekniknya.

Baca juga ini:

Related Posts:

1 Response to "Pengertian Batter Dalam Permainan Softball"