Tujuan Memukul Bola Dalam Permainan Softball

Memukul Bola Softball [image by www.tribunnews.com], 
Tujuan Memukul Bola Dalam Softball ~ Pada softball terdapat dua tim yang bermain, satu tim sebagai tim penyerang dan satu tim lagi sebagai tim bertahan. Kedua tim ini akan berganti posisi ketika tim penyerang mendapatkan tiga kali mati atau out. Dalam olahraga ini tim penyerang mendapat giliran memukul sedangkan tim bertahan mendapat giliran untuk melempar bola.


Pada waktu memukul bola, tim yang menyerang harus memukul bola sekuat-kuatnya hingga pemain penjaga lawan tidak dapat menagkapnya setelah memukul, pemain selanjutnya dengan cepat berlari ke base pertama untuk menunggu pemain lainnya memukul bola. Terdapat dua cara memukul bola dalam softball yaitu pukulan ayunan (swing) dan pukulan menahan bola (bunt).

Untuk mendapatkan pukulan yang mematikan, pemain perlu untuk menguasai teknik dasar memukul bola softball. Cara untuk memukul bola softball adalah :
  • Berdiri sikap melangkah, badan agak condong ke depan lutut dan pinggul rileks.
  • Kayu pemukul/stik dipegang dengan kedua tangan di atas belakang bahu.


  • Pandangan ke arah pitcher/pelambung.
  • Setelah bola dilemparkan pitcher, lakukan ayunan stik ke arah datangnya bola.
  • Saat stik mau mengenai bola, lakukan pergerakan tangan dan bersamaan dengan itu tumit kaki belakang terangkat.
  • Stik menyilang ke depan badan hingga berakhir di bahu sebelah kiri dan pandangan mengikuti arah gerakan bola.
Selain teknik memukul, satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam memukul bola yaitu cara memegang pemukul atau bet softball. Pada umumnya terdapat tiga cara dalam memegang tongkat pemukul atau bet softball, yaitu pegangan bawah, pengangan tengah, dan pegangan atas.


Terdapat beberapa tujuan memukul bola dalam softball, beberapa tujuan tersebut adalah untuk memperoleh nilai, menyelamatkan diri sendiri, dan membantu teman pelari lain (base runner) untuk mencapai base berikutnya. Selain itu dapat juga katakan bahwa tujuan memukul bola softball adalah agar bola susah untuk ditangkap dengan cepat oleh tim lawan sehingga kita dengan cepat berlari ke base.

Itulah sedikit informasi tentang tujuan memukul bola dalam softball, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian dan untuk anda yang sedang mencari informasi tentang softball. Jika anda ingin berbagi tentang pengalaman anda bermain softball, silahkan menuliskannya pada kotak komentar yang tersedia dibawah postingan ini.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Tujuan Memukul Bola Dalam Permainan Softball"

Post a Comment