Teknik Dasar yang Harus Dimiliki Oleh Pitcher


Gambar ilustrasi pitcher [source image by www.hailstate.com], 
Teknik Dasar yang Harus Dimiliki Oleh Pitcher ~ Pelambung bola dalam softball disebut pitcher. Pertandingan dimulai saat umpire atau wasit meneriakkan kata “Play Ball”. Setelah pemain bertahan memasuki daerah jaga, pertandingan pun dimulai. Seorang pitcher berdiri di atas plate, menghadap ke arah catcher. Pitcher akan berusaha melempar bola sekuat tenaga ke arah mitts catcher. Dalam menempati posisinya seorang pitcher harus mengikuti langkah-langkah berikut ini.


  1. Menghadap lurus ke arah pemukul dengan kedua kaki menginjak kaki tempat pitcher (pitcher’s plate).
  2. Posisi bahu sejajar dengan base I dan base III, dengan kedua tangan memegang bola.
  3. Dalam melakukan lemparan, untuk pemain yang tidak kidal, kecepatannya bertumpu pada bola dengan melenturkan pergelangan tangan secara tajam selagi tangan melewati paha kanan di bawah pinggang ketika bola dilepaskan.
  4. Pada lambungan terakhir, tangan berada di bawah pinggang dan pergelangan tangannya tidak terlalu jauh dari badan dibanding sikunya.
Agar dapat melakukan lemparan dengan baik, seorang pitcher harus menguasai beberapa teknik dasar. Teknik dasar tersebut adalah teknik dasar melempar bola, dan teknik dasar memegang bola. Terdapat teknik khusus melempar bola untuk pitcher, berikut ini cara melakuka lemparan pitcher.


  1. Berdiri sikap melangkah, kedua kaki lurus, dan pandangan tertuju kepada pemukul.
  2. Bola dipegang didepan badan.
  3. Tangan pemegang bola (kanan) putar kebelakang dan ke atas mengarah kedepan.
  4. Lepaskan bola setelah tangan kanan berada disampng badan ketinggian bola setinggi pinggang.
  5. Akhir gerakan, kaki kanan didepan dan berat badan dibawa ke depan pandangan tertuju ke arah gerakan bola.

Sedangkan teknik dasar memegang bola sama pentingnya dengan teknik dasar dalam melempar bola, sebab jika kita memegang bola dengan asal-asalan maka kekuatan dan arah bola akan mudah dibaca oleh pemain lawan. Dalam teknik memegang bola dikenal 3 macam cara yaitu pegangan empat jari, pegangan tiga jari dan pegangan dua jari. berikut ini dijelaskan cara melakukannya.


  1. Memegang bola dengan empat jari (untuk tingkat pemula dan jari-jarinya pendek)
  2. Cara ini menempatkan kelima bagian jari tangan pada sekeliling bola sedemikian rupa menjadi satu genggaman. pegangan seperti ini biasanya dilakukan oleh anak-anak pemain pemula atau pemain yang memiliki jari-jari yang pendek.
  3. Memegang bola dengan tiga jari (untuk yang memiliki tangan kecil dan jari-jari pendek)
  4. Cara ini menempatkan tiga jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis pada bagian atas. jari kelingking dan ibu jari di bgian bawahnya.
  5. Memegang bola dengan dua jari (untuk yang memiliki tangan besar dan jari-jari panjang)
  6. Cara ini menepatkan jari telunjuk dan jari tengah pada bagian atas bola dan disangga oleh ketiga jari lainnya pada bagian bawah bola.
Sumber pusaka :
  • Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Praktis Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/ Eli Maryani, Jaja Suharja Husdarta.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan VIII/Faridha Isnaini, Suranto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.



Artikel Terkait

0 Response to "Teknik Dasar yang Harus Dimiliki Oleh Pitcher"

Post a Comment

Powered by Blogger.