Teknik Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Tim Penyerang (Pemukul) Dalam Permainan Softball

Ilustrasi teknik sliding dalam pertandingan softball [source image by wiganurlatifa.blogspot.com], 
Teknik Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Tim Penyerang (Pemukul) Dalam Softball ~ Dalam softball terdapat dua tim yang bermain, yang pertama adalah tim penyerang atau biasa disebut tim pemuku dan yang kedua adalah tim penjaga atau biasa disebut dengan tim bertahan. Untuk dapat melakukan penyerangan dan penjagaan dengan baik, para pemain harus menguasai teknik-teknik dasarnya. Pada kesempatan ini kita akan membahas teknik dasar yang harus dikuasai oleh tim penyerang.


Beberapa teknik dasar yang harus dikuasa oleh tim penyerang atau tim pemukul diantaranya adalah teknik memegang pemukul, teknik memukul, teknik berlari antar base, dan teknik sliding. Untuk lebih jelas lagi mengenai teknik tersebut, berikut ini akan dijelaskan cara melakukan teknik dasar tim pemukul dalam softball.

Teknik Dasar Memegang Pemukul Softball

Sebelum kita memukul bola, teknik dasar pertama yang harus dikuasai adalah teknik memegang pemukul bola softball atai biasa disebut stik. Teknik pegangan stik di sini sangat menentukan berhasil dan tidaknya gerakan memukul bola. Kayu pemukul dipegang dengan erat pada kedua tangan.


Kedua tangan dirapatkan, sendi antara kedua dan ketiga jari-jari tangan yang di atas segaris dengan pertengahan ruas ketiga dan tangan yang ada di bawahnya. Ada 3 macam cara yang dapat dilakukan untuk memegang tongkat yaitu:
  1. Pegangan panjang (bawah) yaitu tongkat dipegang dekat bonggol (knob) untuk meningkatkan kekuatan pegangan dan menambah kekuatan pukulan.
  2. Pegangan tengah, yaitu tongkat dipegang di posisi tangan bawah kirakira 2,5 cm atau 5 cm dari bonggol (knob) untuk memperoleh kekuatan dan akurasi.
  3. Pegangan atas, yaitu tongkat dipegang di posisi tangan bawah diletakkan kira-kira 7,5 cm atau 10 cm dari bonggol (knob) untuk mengurangi kekuatan dan untuk mendapatkan kontrol.

Teknik Dasar Memukul Bola

Setelah kita menguasai tenik memegang pemukul atau stik, teknik dasar berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah teknik dasar memukul bola. Tujuan memukul dalam softball antara
lain melewati atau mencapai base di depannya dengan selamat, mencetak nilai kalau bisa melewati
semua base dengan selamat.


Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak melakukan pukulan. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Teknik memegang alat pemukul (grip), yaitu pegang stik di bagian pegangan di atas knop, dengan posisi ruas jari-jari kedua membentuk satu garis lurus.
  2. Cara berdiri (stand), berdiri di dalam batter boxes dengan kedua kaki kangkang, dengan berat badan di kaki belakang.
  3. Cara menggeserkan kaki depan (stride), yaitu pada waktu akan mengayun stik, kaki depan digeser atau dilangkahkan ke arah datangnya bola.
  4. Cara mengayunkan stik (swing), yaitu ayunkan stik dengan cara mendorong ke depan sambil meluruskan siku. Sedangkan memukul bola tanpa ayunan (bunting), dilakukan dengan cara memukul bola perlahan agar jatuhnya tidak jauh dari tempat pemukul itu sendiri.
  5. Gerak lanjut (follow through), yaitu setelah melakukan swing dengan impak bola yang benar, maka memutar badan ke arah pukulan dengan menjaga keseimbangan sebagai gerak lanjutnya.
Cara memukul dalam softball ini ada dua macam, yaitu memukul bola dengan ayunan penuh (swing) dan memukul bola tanpa ayunan (bunting).

1. Pukulan Menahan Bola (Bunt)


Pukulan Menahan Bola atau Bunting adalah suatu peristiwa dimana bola secara sah disentuh dengan pemukul tanpa ayunan. Caranya adalah menghadang atau menumbuk bola dengan pemukul secara pelan-pelan, sehingga bola masuk kedalam lapangan pertandingan yang sah. Tujuan bunting adalah agar bola jatuh dekat home base. Gerakan tumbuk (bunting) dapat dilakukan dengan cara berikut ini.
  1. Sikap persiapan
    • Berdiri dengan sikap kaki melangkah.
    • Berat badan bebrtumpu pada kedua kaki.
    • Sikap badan agak condong ke depan, pinggul dan lutut rileks.
    • Kayu pemukul atau bet dipegang erat dengan kedua tangan diatas belakang bahu.
    • Pandangan ke arah pelempar atau pitcher.
  2. Tahap pelaksanaan
    • Pada saat pelempar bola atau pitcher melempar bola, langkahkan atau gerakkan salah satu kaki ke depan ke arah pelempar bola atau pitcher.
    • Kedua tangan memegang bet di depan badan.
    • Bola dipukul dengan cara siku dibengkokkan, sedangkan kedua lengan dimanfaatkan untuk membantu pemukul dalam memantulkan bola.
  3. Akhir gerakan
    • Kedua kaki berdiri terbuka selebar bahu, kedua lutut direndahkan.
    • Badan agak condong ke depan.
    • Pandangan mengikuti arah gerakan bola.

2. Pukulan Swing
Pukulan Swing atau memukul bola dengan ayunan digunakan untuk memukul bola sekeras mungkin dan pada saat memukul harus selalu berdiri dalam batter box. Pukulan swing dalam softball dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

  1. Tahap Persiapan
    • Berdiri dengan kaki melangkah dengan berat badan bertumpu pada kedua kaki.
    • Sikap badan agak condong ke depan, pinggul dan lutut rileks.
    • Kayu pemukul atau bet dipegang erat dengan ekdua tangan, posisi bahu depan dan belakang sejajar.
    • Pandangan ke arah pitcher atau pelempar bola.
  2. Tahap pelaksanaan
    • Ketika bola dilempar oleh pitcher, lakukan perkiraan yang tepat antara mengayun bet dengan arah datangnya bola.
    • Pada saat bet mengenai bola, lecutkan pergelangan tangan sampai bet tersebut mengenai bola bersamaan dengan tumit kaki belakang terangkat.
  3. Akhir Gerakan
    • Tumit diangkat dari tanah.
    • Bet menyilang depan badan hingga berakhir di bahu kiri.
    • Pandangan mengikuti arah gerakan bola.

Teknik Dasar Berlari ke Base

Setelah memukul bola, selanjutnya pemukul segera berlari menuju base I. Begitu mencapai base I, ia disebut pelari base (baserunner). Pelari base tetap berada di base sampai pitcher melepas bola, dan ia bersiap-siap meninggalkan base dengan satu kaki bertumpu pada base tersebut, agar ia tidak di “tik” oleh lawan. Pergerakan baserunner ini sesuai dengan aba-aba pembantu yang berada di dekat base I dan III.

Teknik Dasar Sliding



Sliding adalah upaya menjangkau base dengan cepat dengan cara meluncurkan dan menyentuhkan anggota badan ke base. Berikut ini tujuan penggunaan teknik sliding adalah Untuk mengurangi laju lari ke arah base tanpa kehilangan tempo lari antarbase dan dapat berhenti tepat di atas base tersebut; dan Untuk menghindar dari kejaran lawan sehingga dapat mencapai base dengan selamat. Ada tiga macam teknik sliding.
  1. Teknik sliding lurus (straight leg slide).
  2. Teknik sliding mengait (hook slide).
  3. Teknik sliding dengan kepala lebih dahulu (headfirst slide).

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Teknik Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Tim Penyerang (Pemukul) Dalam Permainan Softball"

Post a Comment