Teknik Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Catcher

Gambar ilustrasi softball catcher [source image by mooresvilleweekly.com], 
Teknik Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Catcher ~ Setelah kita membahas mengenai teknik dasar yang harus dikuasai oleh pitcher, kini kita bergeser untuk membahas teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain catcher atau penangkap bola pitcher.


Pemain bertahan yang bertugas menangkap bola di belakang batter disebut catcher. Posisi catcher berjongkok di depan wasit kepala dan di belakang pemain yang mendapat giliran memukul (batter). Catcher dilengkapi dengan perlengkapan pengaman dan bertugas menangkap lemparan pitcher.

Seorang catcher yang baik memenuhi kriteria-kriteria berikut ini, yaitu Memiliki daya refleksi yang baik dan memiliki kemampuan melempar bola secara tepat ke setiap base yang dituju; Memiliki kecepatan dan kesigapan menanggapi setiap peluang yang diperoleh timnya; dan Mengetahui karakter dan tipe bermain pitcher-nya, sehingga catcher dapat mengarahkan pitcher dalam mengambil suatu tindakan.


Oleh karena itu, seorang catcher bertugas untuk memberitahu pitcher menentukan tipe lemparan yang cocok untuk menghadapi seorang pemukul (batter). Teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang penangkap bola atau catcher adalah menangkap bola, akan tetapi teknik menangkap bola untuk catcher berbeda dengan teknik menangkap bola untuk pemain penjaga lapangan atau base. Berikut ini teknik dasar menangkap bola untuk catcher.
  1. Posisi awal jongkok.
  2. Tangan kiri memakai glove khusus catcher, dengan posisi tangan menghadap ke depan menyongsong gerakan bola yang dilempar pitcher.
  3. Tangan yang lain membungkus agar bola tidak lepas.


Daftar pustaka :
  • Praktis Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/ Eli Maryani, Jaja Suharja Husdarta.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Faridha Isnaini, Sri Santoso Sabarini; ilustrator, Ady Wahyono.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

0 Response to "Teknik Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Catcher"

Post a Comment