Teknik Dasar Memukul Bola Dalam Permainan Baseball


Gambar ilustrasi baseball [Source image by olahraga.inilah.com], 
Teknik Dasar Memukul Bola Dalam Olahraga Baseball ~ Memukul bola adalah bagian yang sulit dalam olahraga Baseball. Kalian harus mempelajarinya dari cara yang paling mudah. Awalilah latihan secara sendirian. Lemparkan bola Baseball ke atas dengan tangan kiri, lalu pukulah menggunakan tongkat.


Selanjutnya, tingkatkan latihan kalian dengan bantuan teman. Teman bertugas melempar bola ke arah kalian. Pukullah bola hasil lemparan teman kalian.

Pada saat akan memukul, tumpuan berat badan dipusatkan pada kaki yang terletak di belakang. Jika kalian memukul menggunakan tangan kanan, maka tumpuan terletak pada kaki kanan. Sesaat akan memukul bola, berat badan dipindahkan ke depan dengan menggeser posisi tubuh ke depan.


Pada saat itulah kalian mengayunkan tongkat untuk memukul bola. Hal yang harus diperhatikan saat memukul bola, antara lain:
  1. Ayunkan tongkat dengan kekuatan penuh. Pastikan kalian mengayunkan kedua lengan dengan lepas.
  2. Perhatikan ayunan tongkat dengan saksama. Pastikan tongkat berhasil mengenai bola, sehingga bola melayang sesuai yang diinginkan. Jangan memalingkan muka atau menarik kepala saat memukul bola. Kalian justruharus memerhatikan bola.
Selain membawa tongkat (bat), setiap pemukul harus mengenakan helm pengaman. Helm berfungsi melindungi kepala jika terkena lemparan bola. Seorang pemukul harus memiliki kemampuan memukul bola dengan baik.


Selain kekuatan, kecermatan diperlukan guna mengantisipasi arah lemparan bola dari pelempar. Pemukul harus mampu memukul bola sejauh mungkin. Dengan demikian, akan terdapat banyak waktu bagi anggota timnya untuk berlari melewati base demi base dan mencetak angka.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Budi Aryanto, Margono; editor, Ahmad Rithaudin; ilustrator, Bayu Aprianto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga ini:



Artikel Terkait

0 Response to "Teknik Dasar Memukul Bola Dalam Permainan Baseball"

Post a Comment

Powered by Blogger.