Taktik Pertahanan Dalam Permainan Rounders


Taktik Pertahanan Dalam Olahraga Rounders ~ Selain melakukan taktik penyerangan, satu hal lagi yang terpenting dalam olahraga Rounders adalah taktik pertahanan. Seperti pada olahraga softball, taktik pertahanan pada olahraga rounders perlu pula dilakukan dengan kerja sama tim yang solit sebab tanpa kerja sama tim yang solit, lawan akan mudah untuk mencetak angka atau poin.


Pertahanan yang kuat dapat diciptakan melalui kerja sama yang baik di antara para pemain dalam satu tim. Jika demikian, lawan tidak akan mudah mencetak angka. Semua pemain harus dapat berimprovisasi dengan keadaan di lapangan terutama terhadap serangan yang dilakukan lawan.

Dalam hal ini, yang paling penting adalah cara untuk dapat mematikan pelari yang berlari menuju home base atau paling tidak pelari yang berlari ke base lainnya. Pertahanan terbagi menjadi dua, yaitu pertahanan yang dilakukan secara individu dan pertahanan yang dilakukan secara bersama-sama. Keduanya bertujuan untuk mencetak angka.


Pertahanan secara individu dilakukan melalui taktik individu pemain, yaitu pertahanan “men-tik” atau “membakar base” oleh seorang pemain. Sementara itu, pertahanan bersama merupakan pertahanan yang menuntut kebersamaan. Pertahanan bersama dilakukan terutama untuk mencetak angka. Oleh karena itu, pertahanan dilakukan melalui penempatan ruang dan waktu berdasarkan keputusan yang diambil bersama.

Sumber pustaka : Arena Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan /Hilman Nurhuda, Mia Kusumawati; editor, Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.— Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga ini:



Artikel Terkait

0 Response to "Taktik Pertahanan Dalam Permainan Rounders"

Post a Comment

Powered by Blogger.