Latihan Teknik Teknik Dasar Lempar Tangkap Bola Dalam Permainan Rounders

Gambar rounders tongkat dan bola [Source image by www.ebay.co.uk], 
Latihan Teknik Teknik Dasar Lempar Tangkap Bola Dalam Olahraga Rounders ~ Untuk lebih menguasai lagi beberapa teknik dasar dalam olahraga rounders khususnya teknik dasar melempar dan menangkap bola, para pemain rounders perlu melakukan beberapa latihan yang dikhususkan untuk melatih teknik dasar tersebut. Latihan tersebut yaitu latihan kombinasi teknik melempar dan menangkap bola.


Latihan ini dilakukan dengan membagi pemain menjadi empat pos, yaitu pos I, II, III, dan IV. Setiap pos terdiri atas beberapa pemain dengan jumlah yang sama dan berbaris berderet ke belakang. Bola dikuasai oleh pemain yang berdiri paling depan di pos I. Selanjutnya, lakukan teknik melempar bola secara melambung serta teknik menangkap bola dengan baik dan benar.

Berikut ini cara-cara latihan kombinasi yang baik dan benar.
  • Pemain di pos I melempar bola pada pemain di pos II, lalu pemain tersebut berlari ke pos II dan menempati barisan paling akhir di pos II.
  • Pemain di pos II menangkap bola, lalu melemparkannya ke pemain di pos III. Kemudian, berlari ke pos III dan menempati barisan paling akhir di pos III.


  • Pemain di pos III menangkap bola, lalu melemparkannya ke pemain di pos IV. Kemudian, berlari ke pos IV dan menempati barisan paling akhir di pos IV.
  • Pemain di pos IV menangkap bola, lalu melemparkannya ke pemain di pos I. Kemudian, berlari ke pos I dan menempati barisan paling akhir di pos I.
  • Begitu seterusnya, lakukan secara bergantian.
Dalam melakukan latihan ini, gunakan teknik yang baik dan benar. Lakukan dengan penuh tenaga sehingga lemparan dan pukulan yang dilakukan menghasilkan laju bola yang cepat dan keras. Ingat, untuk mendapatkan hasil yang baik terutama untuk mencetak angka, sesuaikan gerakan dengan ruang dan waktu, dengan memerhatikan kecermatan dalam mengambil suatu keputusan.

Sumber pustaka : Arena Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan /Hilman Nurhuda, Mia Kusumawati; editor, Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.— Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Latihan Teknik Teknik Dasar Lempar Tangkap Bola Dalam Permainan Rounders"

Post a Comment