Latihan Teknik Dasar Memukul (Batting) Dalam Permainan Softball

Latihan Teknik Dasar Memukul (Batting) Dalam Olahraga Softball ~ Softball merupakan olahraga gerak cepat yang menyenangkan. Apabila kita amati, olahraga softball ini memiliki kemiripan dengan olahraga baseball atau sebaliknya sehingga dapat dikatakan kedua olahraga ini adalah saudara kembar.


Pada olahraga softball terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemainnya, salah satunya adalah teknik memukul atau Batting. Terdapat dua macam pukulan yang dapat dilakukan oleh pemain softball, yaitu pukulan swing dan pukulan tumbuk.

Untuk menguasai teknik dasar memukul, sebaiknya terlebih dahulu kita melakukan latihan-latihan. Berikut ini beberapa latihan teknik dasar memukul yang dapat anda lakukan untuk melatih teknik anda dalam hal memukul bola.


Latihan 1
Memukul bola dengan teknik swing, bola diletakkan di atas batting tee. Latihan ini dapat anda lakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Berdiri di depan samping batting tee, bola diletakkan di atas batting tee.
  2. Kedua tangan memegang bet (bersiap-siap untuk memukul).
  3. Ayunkan bet ke arah bola yang diletakkan di atas batting tee, usahakan pukulan tepat mengenai bola.
Latihan 2
Memukul bola dengan teknik swing, bola dilambungkan teman dari depan atau samping yang dilakukan berpasangan. Latihan ini dapat anda lakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Dua orang pemain berdiri berhadapan (satu pemain sebagai pemukul dan satu lagi pelempar bola atau pitcher).
  2. Pemain A melambungkan bola ke arah pemain B.
  3. Pemain B melakukan pukulan swing.
  4. Demikian latihan seterusnya dilakukan secara bergantian.
Latihan 3
Memukul bola dengan teknik tumbuk (bunt) dengan bola dilambungkan teman dari depan, dilakukan secara berpasangan. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara sama pada latihan 2, hanya saja pemukul menggunakan pukulan tumbuk (bunting).


Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Latihan Teknik Dasar Memukul (Batting) Dalam Permainan Softball"

Post a Comment