Latihan Memukul Bola Dalam Permainan Softball


Latihan Memukul Bola Dalam Pertandingan Softball ~ Setelah kita membahas tentang teknik dasar cara memukul bola dalam pertandingan softball, saatnya untuk berlatih memukul bola. Latihan memukul bola bertujuan agar kita lebih mahir dan lincah lagi dalam memukul bola, sebab bola yang dilemparkan oleh pitcer mempunyai kecepatan yang tinggi sehingga kita perlu melatih keakuratan memukul kita.


Teradap tiga cara latihan yang dapat kita lakukan untuk melatih cara memukul kita, latihan-latihan tersebut adalah sebagai bebrikut.

1. Latihan 1
Memukul bola dengan teknik swing, bola diletakkandiatas batting tee. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara berikut ini.
  • Berdiri didepan samping batting tee, bola diletakkan diatas batting tee.
  • Kedua tangan memegang bet atau bersiap-siap untuk memukul.
  • Ayunkan bet kearah bola yang diletakkan diatas batting tee, usahakan pukulan tepat mengenai bola.
2. Latihan 2


Memukul bola dengan teknik swing, bola dilambungkan teman dari depan atau samping yang dilakukan berpasangan. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara berikut ini.
  • Dua orang pemain berdiri berhadapan atau satu pemain sebagai pemukul dan satu lagi sebagai pelempar bola atau pitcher.
  • Pemain A melambungkan bola ke arah pemain B.
  • Pemain B melakukan pukulan swing.
  • Demikian latihan seterusnya dilakukan secara bergantian.
3. Latihan 3


Memukul bola dengan teknik tumbuk atau bunt dengan bola dilambungkan teman dari depan, dilakukan secara berpasangan. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara sama pada Latihan 2, hanya saja pemukul menggunakan pukulan tumbhuk atau bunting.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga ini:



Artikel Terkait

0 Response to "Latihan Memukul Bola Dalam Permainan Softball"

Post a Comment

Powered by Blogger.