Syarat-Syarat Pemain Dikatakan Gugur Dalam Permainan Softball

Syarat-Syarat Pemain Dikatakan Gugur Dalam Pertandingan Softball ~ Olahraga softball adalah olahraga bola kecil beregu yang tergolong dalam olahraga bola pukul. Olahraga softball pertama kali diciptakan oleh George Hancock dari Amerika Serikat pada tahun 1887, dan dimainkan pertama kalinya di negara bagian Chicago pada tahun 1933. Pada tahun 1906 olahraga softball ini mulai dibuatkan peraturan pertandingan oleh Lewis Robert, tetapi kemudian peraturan pertandingan ini diperbaiki lagi oleh Mathew pada tahun 1916.


Olahraga softball mulai dikenal di Asia ketika diadakannya kejuaraan di Manila (Filipina) pada tahun 1968. Di negara Indonesia induk organisasi olahraga baseball ini dikenal dengan PERBASASI (Persatuan Baseball dan Softball Amateur Seluruh Indonesia). Berikut ini syarat-syarat pemain dikatakan mati.
  • Apabila pemain telah memukul tiga kali dan yang terakhir tidak mengenai bola, sedangkan catcher dapat menangkap lambungan pitcher sebelum bola jatuh; catcher tidak dapat menangkap lambungan pitcher, tetapi semua base berisi, pemukul tetap dianggap mati.
  • Memukul secara betul atau salah, sedangkan regu penjaga lapangan dapat menangkap bola yang dipukulnya (bola yang dipukul kena tetapi tidak sempurna dan tidak membuat satu busur yang vertikal ke atas, bila ditangkap oleh catcher tidak dianggap bola tangkap).
  • Pemain belum sampai di base I, sedangkan base I ini telah dibakar.


  • Dapat di-tick sewaktu-waktu dan di mana saja kalau tidak menginjak base.
  • Membuat infield-fly dan membuat bunt pada pukulan ketiga, sedangkan hasilnya pukulan salah satunya ball.
  • Pada waktu lari belum sampai di base yang dituju namun base ini telah “dibakar” atau di-tick di perjalanan.
  • Langsung kena bola yang dipukul teman seregunya.
Sumber Pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Faridha Isnaini, Sri Santoso Sabarini; ilustrator, Ady Wahyono.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Syarat-Syarat Pemain Dikatakan Gugur Dalam Permainan Softball"

Post a Comment