Info...

Cara Bermain Permainan Softball

Cara Bermain Olahraga Softball ~ Olahraga softball pertama kali diciptakan oleh George Hancock dari Amerika Serikat pada tahun 1887, dan dimainkan pertama kalinya di negara bagian Chicago pada tahun 1933. Pada tahun 1906 olahraga softball ini mulai dibuatkan peraturan pertandingan oleh Lewis Robert, tetapi kemudian peraturan pertandingan ini diperbaiki lagi oleh Mathew pada tahun 1916.


Olahraga softball mulai dikenal di Asia ketika diadakannya kejuaraan di Manila (Filipina) pada tahun 1968. Di negara Indonesia induk organisasi olahraga baseball ini dikenal dengan PERBASASI (Persatuan Baseball dan Softball Amateur Seluruh Indonesia).

Cara-cara bermain dalam Olahraga softball sebagai berikut.
  • Regu yang mendapat giliran memukul bergantian seorang demi seorang mendapatkan kesempatan 3 kali memukul bola dengan ketentuan bila pukulan yang pertama atau kedua baik, pemukul harus segera lari.
  • Urutan pemukul ditentukan oleh nomor urut yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Tiap-tiap base hanya boleh diisi oleh seorang pemain pemukul, dengan aturan pemain pemukul pertama tidak boleh dilalui oleh pemukul kedua atau oleh pemain yang ketiga, dan seterusnya.


  • Pemain bebas mengadakan gerakan selama bola dalam pertandingan, kecuali bila pitcher sudah siap untuk melemparkan bola kepada pemukul.
  • Pada waktu akan di-tick, pelari tidak boleh menghindar dengan berlari keluar atau ke dalam dari batas yang telah ditentukan.
  • Strike akan dihitung pada setiap bola yang dipukul baik kena maupun tidak, lemparan yang bagus (di antara bahu dan lutut) tetapi tidak dipukul, dan setiap bola yang dipukul tetapi meleset keluar. Apabila pukulan tersebut terus-menerus meleset maka akan diulang sampai pukulan tadi baik, kecuali bila pukulan yang meleset tadi melambung dan kemudian tertangkap oleh regu penjaga, maka pukulan itu dikatakan mati. Wasit mengatakan strike sedangkan bola yang dilemparkan itu salah, artinya tidak berada di atas home base antara bahu dan lutut si pemukul tetapi bila bola yang salah itu dipukul juga maka dikatakan strike.
  • Free walk atau lari bebas diberikan bila pitcher melakukan ball atau kesalahan sebanyak empat kali. Pemukul dihalang-halangi oleh regu penjaga pada waktu akan menuju ke base, bila semua base terisi sedangkan pemukul telah 3 kali tidak mengenai pukulannya disebabkan pitcher melemparkan bolanya salah terus atau ball. Bola yang dilemparkan oleh pitcher melambung baik dipukul atau tidak.


  • Cara mematikan pemain dan pertukaran tempat. Pemain dinyatakan mati bila di-tick sebelum pelari sampai mengenai base, pada waktu melakukan tick, bola tidak boleh lepas dari tangan regu penjaga. Pertukaran tempat antara regu pemukul dan regu penjaga terjadi bila regu pemukul dinyatakan tiga kali mati.
  • Cara mendapatkan angka untuk regu pemukul. Setiap pelari dengan pukulan yang baik dan dapat kembali dengan selamat melampaui home base mendapatkan nilai 1. Setiap pelari yang menuju ke base harus berada di base tadi dan tidak boleh lewat. Bila lewat boleh di-tick kecuali lari pada base yang pertama boleh lewat (tetapi tidak berpura-pura dengan maksud agar dapat langsung ke base kedua).
Bila bola yang dipukul melambung dan dapat tertangkap oleh regu penjaga maka si pemukul langsung dinyatakan mati, serta para pelari lainnya harus kembali ke base semula yang ditempatinya tadi dengan cepat agar base-nya tidak dibakar.


Pelari-pelari yang kembali tadi dapat dimatikan. Pemukul/pelari yang telah dinyatakan mati tidak dapat melanjutkan perjalanannya dan kembali masuk kotak (tempat yang telah disediakan) untuk menunggu gilirannya memukul lagi.

Sumber Pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Faridha Isnaini, Sri Santoso Sabarini; ilustrator, Ady Wahyono.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga ini:



Artikel Terkait

5 Responses to "Cara Bermain Permainan Softball"

  1. Terimakasih,, artikel ini sangat bermanfaat untuk saya…”
    Membantu sekali untuk menyelesaikan tugas saya…”
    Kunjungi juga blog saya di…”
    Edhay Sport
    Edhay Blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama2 gan,, terima kasih juga atas kunjungannya di blog ini..

      Delete
  2. Terima kasih artikel nya gan. Menambah wawasan, ditunggu artikel-artikel selanjutnya.
    Thanks Birrul Walidain

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan,, terima kasih juga atas kunjungannya..

      Delete

Powered by Blogger.