Teknik Dasar Softball

Teknik Dasar Softball ~ Teknik dasar yang harus dikuasai bila ingin bermain softball antara lain melempar bola, menangkap bola, memukul, dan melakukan sliding. Melempar dan menangkap bola merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain softball, karena seorang regu penjaga harus bisa mahir lempar tangkap bola antarbase untuk dapat mematikan regu pemukul.


Sebelum melakukan lemparan terlebih dahulu harus dapat menguasai cara memegang tongkat dan memegang bola dengan benar, teknik memegang bola adalah pegangan dengan dua jari, digunakan untuk pelempar yang mempunyai ukuran jari-jari besar dan panjang dan pegangan tiga atau empat jari, digunakan untuk pelempar yang mempunyai ukuran jari-jari kecil dan pendek atau biasanya sering digunakan oleh wanita.

Teknik memegang bola dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :
  1. Memegang bola dengan dua jari, Memegang bola dengan dua jari dilakukan bagi mereka yang memiliki tangan besar dan jari-jari yang panjang.
  2. Memegang bola dengan tiga jari, Memegang bola dengan tiga jari dilakukan bagi mereka yang memiliki tangan kecil dan jari-jari yang pendek.


Terdapat dua macam melempar bola dalam softball, yaitu:
  1. Lemparan pitcher, Pitcher adalah seorang pelambung bola yang bertugas melambungkan bola agar bola bisa dipukul lawan. Lemparan pitcher harus berada di atas lutut dan di bawah dada pemukul atau disebut dengan strike zone.
  2. Lemparan antarbase, Lemparan ini dilakukan oleh semua penjaga baik yang berkedudukan di lapangan dalam (in field) atau penjaga base, dan di lapangan luar (out field).
Teknik menangkap bola harus dikuasai oleh semua pemain penjaga. Adapun yang bertugas untuk menangkap bola adalah catcher dan penjaga base/ lapangan termasuk pitcher. Catcher selalu menangkap bola yang dilemparkan pitcher. Catcher adalah pemain jaga yang posisinya di belakang home plate/ di dekat pemukul.

Memukul dalam olahraga softball merupakan keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap pemain. Tujuan memukul dalam softball antara lain melewati atau mencapai base di depannya dengan selamat, mencetak nilai kalau bisa melewati semua base dengan selamat.

Cara memukul dalam olahraga softball ini ada dua macam, yaitu memukul bola dengan ayunan penuh (swing) dan memukul bola tanpa ayunan (bunting). Sliding adalah upaya menjangkau base dengan cepat dengan cara meluncurkan dan menyentuhkan anggota badan ke base.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan VIII/Faridha Isnaini, Suranto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Teknik Dasar Softball"

Post a Comment