Cara Menangkap Bola Lambung (Fly Ball) Pada Permainan Softball


Cara Menangkap Bola Lambung (Fly Ball) Dalam Softball ~ Softball atau softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri atas 2 tim, setiap tim terdiri atas 9 pemain dan selebihnya adalah pemain cadangan. Teknik dasar yang harus dikuasai bila ingin bermain softball antara lain melempar bola, menangkap bola, memukul, dan melakukan sliding.


Teknik menangkap bola harus dikuasai oleh semua pemain penjaga. Adapun yang bertugas untuk menangkap bola adalah catcher dan penjaga base/ lapangan termasuk pitcher. Catcher selalu menangkap bola yang dilemparkan pitcher. Catcher adalah pemain jaga yang posisinya di belakang home plate/ di dekat pemukul.

Untuk menguasai bola pukulan, regu penjaga harus menangkapnya dengan tangan yang menggunakan sarung (glove). Terdapat tiga cara menangkap bola dalam olahraga softball, ketiga cara tersebut adalah menangkap bola lurus, menangkap bola bergulir (ground ball) dan menangkap bola lambung (Fly ball).


Menangkap Bola Lambung (Fly Ball) adalah suatu usaha dari pemain untuk dapat menguasai bola dengan glove terhadap bola yang dipukul lawan secara melambung (fly ball). Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
  • Saat menangkap bola, gerakan tangan lurus kearah bola didepan atas kepala.
  • Bersamaan dengan tertangkapnya bola, tarik lengan dan glove ke arah badan yang lain agar tidak terlepas.
  • Bola dipegang tangan kanan dan siap dilemparkan kesasaran yang lain.


Baca juga ini:



Artikel Terkait

3 Responses to "Cara Menangkap Bola Lambung (Fly Ball) Pada Permainan Softball"

  1. For a long time me & my friend were searching for informative blogs, but now I am on the right place guys, you have made a room in my heart! best sports gear

    ReplyDelete

Powered by Blogger.